19 Lokasi di Kecamatan Lawang Kidul Bakal Terima Program Sanimas

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Muara Enim Ir H A Yani Heriyanto

MUARA ENIM – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Muara Enim melalui Program Sanitasi Berbasis Masya­rakat (Sanimas) yang bersumber dari dana Islamic Development Bank (IDB) bakal membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal pada 19 lokasi rawan sanitasi dan kawasan kumuh di Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim.

“Pada tahun 2018 ini, ada 19 lokasi yang telah kita siapkan untuk program Sanimas di Kecamatan Lawang Kidul. Mudah-mudahan pada Juni atau Juli 2018, program ini bisa dilaksanakan,” tutur Kepala Dinas PUPR Kabupaten Muara Enim, Ir H A Yani Heriyanto ketika dibincangi seusai acara Forum Diskusi Program Sanimas 2018, bertempat di Aula Kantor Bappeda Muara Enim, Rabu (21/03/2018).

Program Sanimas di Kabupaten Muara Enim, terang Yani, khususnya di Kecamatan Lawang Kidul telah dimulai pada 2017 lalu. Saat itu, dibangun Ipal Komunal pada sembilan lokasi atau titik.

“Untuk satu lokasi program Sanimas dianggarkan dana sekitar Rp425 juta dengan rincian lima persen untuk biaya operasional, 30 persen dianggarkan untuk upah dan 65 persen untuk pembangunan fisik. Nantinya, satu lokasi Program Sanimas ini bisa dinikmati 50 kepala keluarga,” terang Yani.

Yani menambahkan, Sanitasi merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi keberlangsungan kehidupan manusia agar sehat dan berkualitas.

“Program Sanimas ini sepenuhnya dikelola oleh masyarakat melalui Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang didampingi Fasilitator Sanimas,” pungkasnya. (Sw).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan