Siswa Rabbani Belajar Manasik Haji Serta Dilatih Berkurban

MUARA ENIM,Belajar manasik haji dan berkurban merupakan salah satu program yang dilakukan SDIT Rabbani setiap tahun. Dalam rangka untuk merayakan hari raya Idul Adha, dan tahun ini lembaga pendidikan ini berkorban 1 ekor sapi dan 7 ekor kambing. 

Manasik haji dimulai pada pukul 07.30 WIB diikuti seluruh siswa sebanyak 167 orang, melibatkan para guru pembimbing. Kemudian usai kegiatan manasik haji, siswa melihat prosesi pemotongan hewan kurban. Tidak hanya itu saja, siswa juga serta ikut membagikan daging sapi kepada warga disekitar sekolah. Siswa terlihat semangat mengikuti kedua kegiatan hari ini.

“Menyambut hari raya Idul Adha, SDIT Rabbani Tanjung Enim berkorban satu ekor sapi dan tujuh ekor kambing. Usai menyaksikan pemotongan hewan kurban, anak-anak kemudian belajar manasik haji di sekolah,”ungkap Hj Titit Susanti SPdi, kepala SDIT Rabbani Tanjung Enim kepada koran ini, Rabu (14/09/2016).

Dikatakan, kegiatan pelatihan ini merupakan agenda rutin yang diadakan tiap satu tahun sekali, guna memberikan pembelajaran bagi anak tentang rukun islam yang ke lima. Kemudian bertujuan untuk memberikan pembelajaran bagaimana menjalankan ibadah haji, mulai dari niat haji, ihram, wukuf, thawaf, sa’i dan lainnya. 

Pada pembelajaran itu, jelas Umi Susan, selain memberikan pembelajaran pada siswa dan siswi, para guru dan orang tua siswa pun turut mendapat pelajaran dan bimbingan manasik haji.

“Dengan pelatihan ini, pembelajaran yang anak dapatkan bisa tergambar dan lebih melekat, karena dibarengi dengan praktek langsung, bahkan guru dan orang tua siswa juga ikut belajar,”katanya.  

Imbuhnya, berkurban itu untuk melatih kepedulian siswa kepada sesama. Untuk menjaga tali silahturahmi antara pihak sekolah dengan wali murid dan warga sekitar.

“Tahun ini ada 8 ekor hewan kurban. Satu sapi dipotong disekolah, dan 7 ekor kambing diserahkan di beberapa masjid di Talang Jawa, Tegal Rejo, dan Buluran Indah. Hewan kurban berasal dari kumpulan uang makan siswa selama bulan ramadhan lalu, dan sumbangan wali murid,”jelas Umi Susan.(pur)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan