Koramil Tanjung Enim Bedah Rumah Warga di Desa Darmo

TANJUNG ENIM, Warga Desa Darmo Kecamatan Lawang Kidul Muara Enim yang memiliki rumah tidak layak huni patut berbahagia, karena Kodim 0404 Muara Enim melalui Koramil Tanjung Enim 404-05 Tanjung Enim melakukan program bedah rumah perdana di Desa tersebut.

Acara peletakan batu pertama dilakukan langsung oleh Danramil Tanjung Enim 404-05 Kapten Inf Gunadi, Camat Lawang Kidul Drs Rahmad Noviar Msi dan Kades Darmo Yancik, bertempat di Dusun V, Desa Darmo, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Selasa (10/5/2016).

“Kita ucapkan banyak terimakasih kepada pihak TNI yakni Kodim dan Koramil Tanjung Enim yang telah ikut serta secara nyata ikut meringankan beban masyarakat yang kurang mampu dengan membangunkan tempat tinggal yang lebih layak dan manusiawi,” tutur Camat Lawang Kidul Drs. Rahmad Noviar disela-sela kegiatan.

Dirinya berharap, mudah-mudahan program ini bisa menjadi contoh serta dapat menggugah instansi dan perusahaan lain yang ada di Kabupaten Muara Enim untuk menyisihkan keuntungan atau pendapatannya untuk membantu warga yang kurang beruntung.

“Program bedah rumah ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kurang mampu di Desa Darmo. Semoga bisa menjadi contoh bagi instansi lain khususnya di Kecamatan Lawang Kidul.

Senada dituturkan Kepala Desa Darmo, Yancik mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kodim Muara Enim dan Koramil Tanjung Enim yang telah melakukan program bedah rumah di desanya.

“Berdasarkan pendataan kita ada sekitar 15 rumah yang tidak layak huni di Desa Darmo terbanyak di Dusun 5. Kita berharap nantinya program ini dapat terus berlanjut dan diikuti oleh instansi lainnya,” harap Yancik.

Sedangkan Suparno (50), warga Dusun V, Desa Darmo yang dibenah rumahnya mengaku sangat berterimakasih atas bantuan TNI yakni Kodim Muara Enim dan Koramil Tanjung Enim.

Suparno menceritakan, sejak ia menempati rumah ini yakni sekitar tahun 1990-an, sampai sekarang belum bisa diperbaiki karena tidak ada biaya.

Dan kedepan ia berharap program seperti ini bisa terus dilanjutkan, sebab masih banyak warga yang kurang beruntung sepertinya yang perlu perbaikan tempat tinggalnya.

“Saya kerja serabutan pak, jangankan memperbaiki rumah, untuk makan anak dan istri saja sudah alhmadulilah,” ucap ayah tiga anak ini.

Sementara itu, Dandim 0404 Muaraenim Letkol Inf Djamaludin melalui Danramil 404-05 Tanjungenim Kapten Inf Gunadi, mengatakan bahwa kegiatan bedah rumah di Kecamatan Lawang Kidul ini, dikerjakan langsung oleh pihak TNI yakni Koramil Tanjung Enim.

Dalam program bedah rumah ini, seluruhnya melalui dana swadaya dari ibu – ibu anggota TNI, anggota Koramil dan Kodim Muaraenim.

Dikatakan Gunadi, program ini selain merupakan perintah langsung atasan, juga memang sejalan dengan aturan agama yang mengatakan bahwa sebagian dari rizki kita ada hak orang lain yakni salah satunya dengan infaq atau sedekah kepada yang lebih membutuhkan.

Rencananya kegiatan bedah rumah ini, akan dilaksanakan setiap satu bulan sekali, yang dananya secara swadaya dan bervariasi mulai dari PNS TNI, Tamtama dan Kopral Rp 25 ribu, Bintara Rp 50 ribu, Perwira Pertama Rp 100 ribu, dan sisanya Komandan.

“Untuk bulan ini, kita pilih rumah Pak Suparno. Ini bukan rehab tetapi bongkar habis yang diperkirakan menelan dana sekitar Rp 36 juta. Karena tukangnya kita sendiri dananya bisa lebih irit lagi, dan bisa dibelikan material,” ucap Danramil Tanjung Enim ini. (Kalvin)

Dandim 404-05 Tanjung Enim Kapten Inf Gunadi pose bersama Camat Lawang Kidul Drs. Rahmat Noviar, Kades Darmo Yancik dan warga penerima bedah rumah

Dandim 404-05 Tanjung Enim Kapten Inf Gunadi pose bersama Camat Lawang Kidul Drs. Rahmat Noviar, Kades Darmo Yancik dan warga penerima bedah rumah

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan