Tempatkan Pos UKK di TPA Sampah

TANJUNG ENIM, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang ada di Kota Tanjung Enim kini memiliki Pos Usaha Kesehatan Kerja (UKK). Ditempatkan di lokasi TPA Bukit Kendi Kelurahan Tanjung Enim, yang diresmikan pada Jumat (1/4/2016). Dengan keberadaan pos kesehatan tersebut, membuat kesehatan para pekerja di tempat itu lebih terjamin. Karena secara rutin petugas kesehatan dari Dinas kesehatan akan memantau kesehatan setiap pekerja.

Hal ini sangat disambut baik oleh Kepala UPTD Kebersihan dan Pertamanan, M Umar Thoyip, sebagai pihak pengelola TPA Bukit Kendi Tanjung Enim. Ia mengucapkan terima kasih atas perhatian semua pihak yang telah mendukung kegiatan para pekerja di TPA.

“Dengan adanya pos usaha kesehatan kerja ini bisa menjamin kesehatan warga TPA Bukit Kendi. Kegiatan ini terselenggara berkat bantuan dinkes, bank sampah barokah, PTBA, PT Pama, dan PT UT,” ungkap Umar.

Dikatakannya, tempat usaha kesehatan tersebut resmi dinamai Pos UKK Mahoni. Nantinya, setiap satu bulan sekali akan ada pemeriksaan oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Tanjung Enim. Untuk setiap para pekerja bisa melakukan pemeriksaan kesehatan gratis disana. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan pembinaan kesehatan. Supaya kesehatan warga disana meningkat.

“Pada saat jadwal petugas kesehatan datang. Warga di TPA bisa berobat atau konsultasi kesehatan. Jika memerlukan tindakan medis yang lebih, pasien akan dirujuk ke puskesmas,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Tanjung Enim, dr Hj Siti Maisaroh menjelaskan, selain Pos Kesehatan, pihaknya juga memberikan sarana perlengkapan kerja untuk warga TPA Bukit Kendi. Sebagai usaha melindungi kesehatan saat melakukan aktivitas. Kata dia, kegiatan ini terwujud berkat kerjasama antara Puskesmas Tanjung Enim dengan Bank Sampah Barokah.

“Pos UKK itu program Puskesmas bekerjasama dengan Bank Sampah Barokah. Tujuannya untuk memonitor kesehatan para pekerja TPA, yang setiap hari bergelud dengan sampah dan kotoran. Dengan adanya kegiatan ini, kesehatan warga akan lebih terjamin dan terjaga,” ungkap Maisaroh. (03)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan