Kalapas Kelas IIB Muara Enim Sambut Kunjungan Kakanwil Kemenkumham Sumsel

Foto : Tampak Kalapas Kelas IIB Muara Enim saat mendampingi Kakanwil Kemenkumham Sumsel mengecek lokasi lapas

MUARA ENIM – Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Dr Ilham Djaya melakukan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Enim, Selasa (31/1/2023).

Kunjungan tersebut dalam rangka penguatan tugas dan fungsi kepada jajaran pegawai Lapas Muara Enim dan Kanim Muara Enim.

Mengawali kegiatan, Kalapas Muara Enim Herdianto terlebih dahulu menjelaskan kondisi terkini di Lapas Muara Enim.

Kalapas Herdianto mengatakan saat ini Lapas Muara Enim dihuni oleh 1234 WBP, sementara WBP yang telah memiliki NIK berjumlah 1032 orang.

“Jumlah petugas sebanyak 87 orang, diantaranya Petugas Pengamanan (Rupam)  yang berjumlah 38 orang,” jelas Herdianto.

Selanjutnya, Kakanwil Ilham Djaya memberikan arahannya. Mengawali arahannya, Kakanwil mengapresiasi Kalapas Muara Enim yang sudah menciptakan suasana yang baik di dalam Lapas.

“Saya masuk Lapas Muara Enim ini suasananya bagus, indah, dan kekinian. Kondisi ini mencerminkan siapa pengendalinya, pengendali itulah yang menentukan Lapas,” ungkap Kakanwil.

Lebih lanjut Kakanwil mengimbau seluruh jajaran untuk senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban di Lapas. Hal ini tertuang dalam UU Pemasyarakatan  dimana Kamtib merupakan tanggung jawab Kalapas.

Kakanwil turut mengingatkan seluruh jajaran untuk bekerja sesuai SOP.

“Banyak saya temui orang yang hanya bekerja saja, akan tetapi tidak paham dengan pekerjaanya. Untuk itu pahami SOP dengan baik dan ciptakan inovasi-inovasi untuk kemajuan organisasi,” ungkap Kakanwil.

Pada kesempatan tersebut Kakanwil turut menyoroti  pelaksanaan Pembinaan, Monitoring, Pengawasan, dan Pengendalian (Bintorwasdal) di Lapas.

Menurutnya, Bintorwasdal ini merupakan wujud dari penataan tata laksana yang penting untuk dilakukan agar senantiasa tercipta kondisi Lapas yang kondusif dan mampu melaksanakan pembinaan secara optimal sekaligus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Saya berpesan untuk bekerjalah dengan semangat, jaga kekompakan, dan jauhi hal-hal yang dapat merugikan kita, terutama narkoba, Semoga yang kita diskusikan hari ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua,” harap Kakanwil.

Dalam kesempatan tersebut, Kakanwill juga meninjau Balai Latihan Produktif Lapas Muara Enim, yakni Laundry, Pengelasan Listrik, Menjahit, Produksi Batik, dan Handycraft.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kanim Kelas II Non TPI Muara Enim, Misnan, Pejabat Struktural Lapas Muara Enim dan Kanim Muara Enim, serta seluruh jajaran pegawai Lapas Muara Enim. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan