Kecamatan SDU Sukses Gelar Manasik Haji Cilik

Foto : Siswa siswi PAUD se-Kecamatan SDU ikuti Manasik Haji Cilik

SEMENDE DARAT ULU I Untuk pertama kali sepanjang sejarah masyarakat Semendo Kabupaten Muara Enim sukses menggelar pelatihan Manasik Haji Cilik .

Dalam perhelatan perdana ini sebanyak 332 anak-anak yang tergabung dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari 9 Kelompok Belajar dan 5 Taman Kanak-kanak di Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU) melaksanakan latihan manasik haji cilik di Masjid Akbar Al Amin Desa Aremantai, Selasa (26/10).

Aan Ansori selaku pantia mengatakan ada sekitar 647 orang hadir dalam agenda ini, 322 anak-anak siswa-siswi, 260 wali murid, dan sekitar 65 dewan guru atau pendamping yang hadir.

Foto : Suasana manasik haji siswa siswi PAUD se-Kecamatan Semende Darat Ulu

Kegiatan yang baru pertama kali di gelar ini terlihat anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan ini, kami selaku panitia sangat bangga terhadap semangat generasi penerus ini,” ujarnya

Sementara Bakarmin, S.Pd . selaku Pengawas Pendidikan di Kecamatan Semende Darat Ulu mengatakan bahwa manasik haji cilik ini bertujuan untuk menanamkan nilai dan norma-norma keagamaan yang kuat sejak dini.

Selain itu, kata dia, juga untuk menanamkan rasa syukur kepada Allah SWT dengan mengenalkan pelaksanaan ibadah haji sebagai Rukun Islam yang kelima baik melalui materi maupun praktek langsung kepada anak-anak.

Ia berharap melalui peragaan manasik haji cilik ini nantinya anak – anak dapat mengenal dan mengerti tata tertib pelaksanaan ibadah haji. “Ini terobosan yang luar biasa, karena manasik haji ini bisa menempatkan anak-anak PAUD/TK pada wawasan yang Islami untuk menjadi generasi terbaik bangsa,” ungkapnya.

Kepala KUA Semende Darat Ulu Ali Mursyi Abdul Rasyid mengatakan tujuan kegiatan manasik haji cilik ini juga sebagai ajang untuk lebih mempererat ukhuwah Islamiah antara sesama siswa, guru dan orang tua murid.

Kedepan dirinya ingin melaksanakan kegiatan manasijk haji cilik ini untuk seluruh anak PAUD se Semende Darat Ulu agar kegiatan seperti ini dapat membentuk dan mengembangkan karakter bagi anak – anak khususnya pada anak usia dini.

Senada dengan pernyataan Ketua HIMPAUDI Semende Darat Ulu, Bunda Deska Apriyanti, mengatakan agenda ini merupakan agenda pertama sepanjang sejarah PAUD di kecamatan SDU, kami tak menyangka akan semeriah dan mendapat support luar biasa dari para orang tua siswa, pungkasnya. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan