Pj Bupati Resmi Buka MTQ Ke-38 Tingkat Kabupaten Muara Enim

Foto : Pj Bupati Muara Enim Kurniawan AP MSi memukul beduk tanda dibukanya MTQ Ke-38

MUARA ENIM I Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke-38 Tingkat Kabupaten Muara Enim Tahun 2022 resmi dibuka oleh Pj.Bupati Muara Enim, Kurniawan AP MSi yang berlangsung di Desa Dangku, Kecamatan Empat Petulai Dangku, Kamis (27/10/2022). Melalui ajang yang digelar 26-30 Oktober tersebut, Pj Bupati mengajak seluruh masyarakat Bumi Serasan Sekundang khususnya umat muslim agar senantiasa mencintai dan mempelajari Al-Quran sebagai petunjuk dan pedoman hidup.

Pembukaan MTQ Ke-38 berlangsung meriah dengan penampilan parade defile peserta Kafilah dari 22 Kecamatan Kabupaten Muara Enim. Adapun MTQ Ke-38 ini memperlombakan 7 cabang dengan 23 tangkai perlombaan seperti tilawah, tartil dan tahfidz untuk kelompok anak, remaja, dewasa dan cacat netra.

Foto : Pj Bupati Muara Enim beserta istri saat tiba di lokasi MTQ Ke-38

Dalam sambutannya, Pj Bupati Muara Enim yang hadir didampingi Kepala Kemenag Muara Enim Drs H Azhari Rahardi M Si dan Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim, Nurmala Sari S STP M Si mengatakan MTQ ke-38 dengan Kecamatan Empat Petulai Dangku sebagai tuan rumah diharapkan menjadi momentum untuk menjadikan Al-Quran sebagai pedoman untuk menuju Muara Enim yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera (Merakyat).

“Sesuai tema MTQ Ke-38 ini, kita wujudkan SDM yang berkualitas, profesional dan manjadikan Al-Quran sebagai pedoman untuk menuju Kabupaten Muara Enim yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera (Merakyat),” kata Pj.Bupati.

Foto : Pj Bupati Muara Enim Kurniawan AP MSi saat menyerahkan piagam penghargaan

Lebih lanjut, Pj.Bupati mengatakan Pemerintah Kabupaten Muara Enim berusaha memaksimalkan peran dalam menyebarluaskan nilai-nilai agama, khususnya dalam menanamkan rasa cinta dan gemar baca tulis Alquran.

Menurutnya, Al-Qur’an sebagai sumber dari segala sumber hukum dan sumber ilmu pengetahuan tidak akan pernah habis untuk digali dan dikaji.

Foto : Pj Bupati Muara Enim Kurniawan AP MSi dalam sambutannya

“Sehingga Pemerintah Kabupaten Muara Enim memandang bahwa keluhuran ajaran Al-qur’an sebagai pedoman dan pandangan hidup manusia perlu dikembangkan melalui proses pendidikan, baik secara formal maupun nonformal,” tegasnya.

Untuk mendukung hal tersebut, dirinya menjelaskan Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah meluncurkan program Khotmil Qur’an yang diikuti oleh Pelajar SD, SMP sederajat, termasuk guru, staf dan jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan se-Kabupaten Muara Enim.

Foto : Pose bersama

Pelaksanaan MTQ ke-38 Tingkat Kabupaten Muara Enim tahun 2022 ini, tegasnya mempunyai peran penting dalam proses pembinaan dan penyeleksian para kafilah Bumi Serasan Sekundang untuk mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) dan MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Selatan
mendatang.

“Untuk itu mari kita perbaiki prestasi dan mempersiapkan diri untuk ajang yang lebih besar lagi karena nantinya diharapkan para kafilah kita mampu berlomba dengan kafilah-kafilah dari kabupaten/kota lainnya,”ungkapnya.

Foto : Para peserta MTQ Ke-38 tingkat Kabupaten Muara Enim

Kepada seluruh peserta kafilah, Pj.Bupati menyampaikan selamat bermusabaqah dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta, pelatih dan official dari seluruh kecamatan, serta semua pihak dan stakeholder yang telah ikut serta berpartisipasi. Pj.Bupati mengajak semuanya agar berkompetisi secara baik dan jujur dengan tetap mengedepankan sportivitas dan ukhuwah
Islamiah.

Foto : Pose bersama

“Terkhusus kepada seluruh masyarakat Kecamatan Empat Petulai Dangku yang saya banggakan, saya ucapkan selamat dan terima kasih telah menjadi tuan rumah
penyelenggara MTQ tingkat Kabupaten Muara Enim kali. Mari bersama kita bangun Kabupaten Muara Enim yang Baldatun Thoyyibatun Warabbun Ghofur,” pungkasnya. (Kalbadri/ Kominfo Pemkab Muara Enim)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan