Tumbuhkan Rasa Kepedulian Terhadap Anak dan Perempuan, Dinas PPA Bentuk Tim

Foto : Pj Sekda Muara Enim saat menyaksikan penandatangan Kepedulian Terhadap Anak Dan Perempuan

MUARA ENIM – Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak (DPPA) Kabupaten Muara Enim menggelar pelatihan relawan peduli perempuan dan anak yang diikuti 60 peserta terdiri para akademisi, komunitas, Lembaga Sosial Masyarakat, serta insan pers di Hotel Serasan Sekundang Muara Enim, Kamis (2/12/2021).

Kegiatan tersebut tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat sekitar akan kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Muara Enim. Dalam menghimpun informasi, melaporkan, bahkan bisa melakukan pencegahan jika terjadi kekerasan yang di alami oleh perempuan dan anak di sekitar lingkungannya.

Pj.Bupati Muara Enim, H Nasrun Umar (HNU), yang di wakili Sekretaris Daerah (Sekda) Drs Emran Tabrani MSi sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan tersebut.

Dikatakan Emran, berdasarkan catatan laporan kekerasan terhadap perempuan sebanyak 26 kasus dan 50 kasus laporan tindak kekerasan terhadap anak sepanjang Tahun 2021 selama Bulan November akhir.

Dalam sambutannya, Pj Sekda mengatakan fenomena terhadap kekerasan wanita sudah menjadi isu publik yang banyak dibahas karena menjadi fokus kebijakan di seluruh dunia terutama di negara yang bebas berdemokrasi perjuangan kaum perempuan dalam mendapatkan hak kesetaraan yang setara dengan laki-laki memerlukan waktu yang panjang begitu pun dengan kasus kekerasan terhadap anak-anak yang melambung tinggi.

“Untuk itu perlu digalang komitmen bersama mendukung upaya pencegahan kekerasan terhadap anak dan perempuan melalui pelatihan ini diharapkan para relawan mampu memahami tata cara proses pengaduan terkait tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak serta mengetahui indikasi-indikasi akan terjadinya kekerasan tersebut,”

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Dinas PPPA Kabupaten Muara Enim yang telah menjadi lini sektor utama dalam terselenggaranya kegiatan ini yang tentunya menyangkut akan Hak Asassi Manusia (HAM) yang harus dilindungi, mari bersama-sama kita wujudkan Muara Enim Kota layak perempuan dan anak,” pungkas Pj Sekda.

Acara pelatihan penyelenggara langsung mengundang Narasumber, Hidayat Yasin Kasubdit Instrumen Hak Kelompok Rentan Evalator KLA KEMENHUNKAM RI, Toni Fhisher Direktur Lembaga Pemerhati Hak Perempuan dan Anak, IPDA Rama Juliani Kanit PPA Satreskrim Polres Muara Enim. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan