Wujudkan Aparatur Handal, Pemkab Muara Enim Jalin Kerjasama dengan Politeknik Transportasi Darat Indonesia

Foto : Pj Bupati Muara Enim saat melantik pejabat dilingkungan Pemkab Muara Enim

MUARA ENIM – Mewujudkan sumber daya aparatur yang memiliki kompetensi di bidang perhubungan darat, Kamis (07/10/2021) Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M., menandatangani adendum perjanjian kerja sama pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) dengan Direktur Politeknik Transportasi Darat Indonesia – Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), Kementerian Perhubungan RI, Ahmad Yani, A.TD. M.T., di Kampus Utama, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Pj. Bupati menjelaskan bahwa dengan kondisi geografis yang begitu luas, ditambah potensi perhubungan yang kompleks, yaitu transportasi darat, transportasi kereta api dan transportasi sungai, maka Pemkab. Muara Enim sangat membutuhkan aparatur yang handal di bidang perhubungan.

Pj. Bupati yang didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Riswandar, S.H., M.H., dan Kabag. Kerjasama, Husin Aswadi, S.E., menyampaikan bahwa berdasarkan karakteristik daerah dan analisa jabatan maupun beban kerja, maka saat ini Pemkab. Muara Enim masih sangat kekurangan aparatur di bidang perhubungan.

Oleh sebab itu dirinya menawarkan kerja sama melalui pola pembibitan SDM sehingga secara khusus Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD dapat memberikan peluang bagi putra/putri terbaik Kabupaten Muara Enim untuk menempuh pendidikan yang sepenuhnya dibiayai dari APBD Kabupaten Muara Enim.

Sesuai perjanjian, nantinya para taruna/taruni yang telah lulus akan dikembalikan untuk mengabdi sebagai aparatur sipil negara di Pemkab. Muara Enim.

Lebih lanjut Pj. Bupati menjelaskan bahwa berdasarkan hasil seleksi pada tahun ajaran 2021 ini diumumkan sebanyak 5 orang putra/putri terbaik Kabupaten Muara Enim berhasil lolos menjadi calon taruna/taruni, yang terdiri dari 2 orang di Program Studi D4 Sarjana Terapan Transportasi Darat, 2 orang di D3 Manajemen Transportasi Jalan dan 1 orang di D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian.

Dirinya berharap pada tahun mendatang dapat diberikan penambahan kuota dan Kabupaten Muara Enim-pun siap untuk menerima program praktik kerja lapangan (PKL) taruna/taruni Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD.

Sementara itu, Direktur Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD mengapresiasi kesungguhan dan semangat Pemkab. Muara Enim dalam upaya pemenuhan aparatur perhubungan, apalagi dengan pembiayaan yang sepenuhnya didukung oleh pemerintah daerah sehingga menurutnya patut menjadi contoh bagi daerah lainnya di Indonesia. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan