Mewakili Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi, SMK N 2 Muara Enim Terus Berinovasi

Foto : pose bersama

MUARA ENIIM – Setelah berhasil melaju mewakili ajang lomba Perpustakaan yang di laksanakan Dinas Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Kini SMKN 2 Muara Enim terus berbenah dan berinovasi untuk bisa melaju pada jenjang selanjutnya.

Ajang lomba Perpustakaan tingkat SLTA se Provinsi Sumsel setelah melewati penilaian dari tim juri dua sekolah dalam Kabupaten Muara Enim berhasil masuk nominasi mengikuti lomba yakni SMKN 2 Muara Enim dan SMA N 1 Gelumbang.

Informasi menggembirakan ini terkabar saat tim Asesor perlombaan menyambangi Perpustakaan SMK Negeri 2 Muara Enim, Selasa (25/05/2021).

Kedatangan rombongan tim yang dikomandoi oleh Ketua Tim Asesor Asmawati ini didampingi Kadin Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Muara Enim Panca Surya Diharta serta Camat Muara Enim Safrudin.

Kepala SMKN 2 Muara Enim Ahmad Jon Areli mengatakan, keikutsertaan SMKN 2 Muara Enim pada lomba perpustakaan sebagai upaya meningkatkan fungsi dari keberadaan perpustakaan itu sendiri.

“Jika dulu perpustakaan itu dikenal hanya tempat membaca dan membosankan, kini kita ingin menjadikan perpustakaan tempat yang nyaman dan menyenangkan sehingga minat baca juga meningkat,” kta Jon.

Dijelaskannya, sebelum terpilih sebagai salah satu wakil dari Kabupaten Muara Enim, perpustakaan SMKN 2 Muara Enim lebih dahulu telah mendapat penilaian dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muara Enim.

“Alhamdulillah, kita bersama SMAN 1 Gelumbang terpilih untuk mewakili Muara Enim. Semoga apa yang telah kita lakukan mendapat hasil yang baik dan memuaskan,” tukasnya.

Ketua Tim Asesor lomba Perpustakaan tingkat SLTA Sumsel, Asmawati menjelaskan, lomba perpustakaan ini diikuti oleh SLTA yang ada di 17 kabupaten/kota di Sumsel. Nantinya, kata Asmawati, perpustakaan terbaik yang terpilih akan mewakili Provinsi Sumatera Selatan dalam lomba tingkat nasional.

“Untuk itu, kita ke lapangan untuk memverifikasi kelengkapan perpustakaan dan memvalidasi data yang telah dikirim. Semua perpustakaan yang diikutsertakan adalah yang baik, namun nanti akan kita pilih yang tebaik,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Asmawati juga menegaskan, jika para asesor akan melakukan penilaian dengan jujur dan adil.

“Kita tegaskan tidak ada indikasi macan-macam, semua penilaian yang dilakukan demi nama baik Provinsi Sumatera Selatan,” pungkasnya.

Pantauan di lapangan, beberapa inovasi yang telah dilakukan oleh Perpustakaan SMKN 2 Muara Enim diantaranya pojok baca, penggunaan teknologi untuk manajemen peminjaman buku serta sistem jemput bola pembaca dengan menghadirkan angkong baca, gerobak baca, ambung baca dan sepeda baca yang terlihat di sekitar perpustakaan sekolah. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan