Bupati Lampung Tengah Kunjungi PLTS Desa Tanjung Raja Muara Enim

Foto : pose bersama
  • Belajar dan Lihat Secara Langsung PLTS Desa Tanjung Raja

 

MUARA ENIM – Dalam rangka mempelajari dan melihat secara langsung proses pengairan sawah dengan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Bupati Lampung Tengah (Lamteng) H Musa Ahmad S Sos beserta rombongan berkunjung langsung ke Desa Tanjung Raja Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu (22/05/2021).

Kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung tersebut, disambut langsung Kepala Desa Tanjung Raja Hisuliadi didampingi BPD dan lembaga desa lainnya.

Turut hadir pada kesempatan itu, managemen CSR PTBA Tbk yang juga merupakan pemberi bantuan PLTS di Desa Tanjung Raja serta jajaran Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Muara Enim.

Foto : Peninjauan lokasi PLTS

“Kami ucapkan terima kasih atas kesedian dan sambutan dari Pemerintah Desa Tanjung Raja terkait kedatangan kami dalam rangka melihat secara langsung sekaligus belajar pengelolaan PLTS yang telah diterapkan untuk pengairan sawah warga di Desa Tanjung Raja,” tutur Bupati Lampung Tengah H Musa Ahmad S Sos dalam sambutannya.

Pompa air bertenaga surya ini, kata Musa, kedepan bakal diterapkan di Kabupaten Lampung Tengah. Karena selain bisa menambah masa tanam padi, juga bisa meningkatkan produksi padi yang dihasilkan.

“Kita yakin dengan menggunakan PLTS, kelak masyarakat Lampung Tengah tidak lagi risau bertanam padi apabila memasuki musim kemarau. Sehingga kesejahteraan masyarakat khususnya para petani padi bisa meningkat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjung Raja Hisuliadi mengucapkan terima kasih atas kunjungan Bupati Lampung Tengah ke PLTS Desa Tanjung Raja.

“PLTS yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes Tanjung Raja telah mampu mengairi puluhan hektar sawah petani padi di Desa Tanjung Raja. Dan kita tidak khawatir lagi akan pengaruh musim kemarau, karena air dari sungai setiap saat bisa dialirkan ke sawah-sawah warga melalui PLTS,” terang Hisuliadi.

Foto : pose bersama di lokasi PLTS Desa Tanjung Raja

Hisuliadi menambahkan, pihaknya tidak akan berhenti berinovasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desanya.

Bahkan, lanjutnya, belum lama ini pihaknya menerima kunjungan Balitbangda Kota Prabumulih untuk melihat dan mempelajari pupuk bokhasi yang di hasilkan Bumdes Mandiri Jaya Desa Tanjung Raja.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat Desa Tanjung Raja untuk memanfaatkan momentum baik ini dalam memajukan Desa Tanjung Raja. Jangan pernah ragu membangun desa untuk kemandiriannya sendiri,” pungkasnya. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan