Sekda Muara Enim Tandatangani Kerjasama Penyaluran Air Bersih

Foto : Sekda Muara Enim Tandatangani Kerjasama Penyaluran Air Bersih

 

MUARA ENIM — Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Ir H Hasanuddin MSi melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Sekda Lahat Januarsyah SH MM terkait kerjasama pelayanan kebutuhan air bersih dari PDAM Lematang Enim kepada beberapa daerah Kabupaten Lahat yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Muara Enim, bertempat di Kantor Bupati Lahat, Jumat (10/07/2020).

Sekda Lahat Januarsyah SH MM menyampaikan, bahwa selama ini beberapa daerah di wilayahnya, terkhusus yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Muara Enim, yaitu Kelurahan Lebuay Bandung dan Desa Muara Lawai, Kecamatan Merapi Timur mengalami kesulitan pasokan air bersih.

Mengingat letak geografis yang lebih dekat dengan ibukota Kabupaten Muara Enim sebagai daerah yang dilayani oleh PDAM Lematang Enim dengan kapasitas yang besar dan teruji, maka dengan alasan efisiensi pihaknya memandang akan lebih tepat jika PDAM Lematang Enim sebagai pemasok air bersih di daerah perbatasan tersebut.

“Secara teknis, nantinya Pemkab. Lahat melalui PDAM Tirta Lematang Lahat akan membangun sarana dan prasarana, seperti jaringan pipa dan peralatan mesin. Sedangkan Pemkab Muara Enim melalui PDAM Lematang Enim sebagai pihak yang mendistribusikan air bersih, memasang sambungan ke pelanggan dan menentukan tarif pelanggan,” terangnya.

Sementara itu, Sekda Muara Enim yang juga Ketua Dewan Pengawas PDAM Lematang Enim menegaskan komitmennya untuk melayani masyarakat dan kepentingan umum, tak terkecuali kebutuhan air bersih meskipun itu diperuntukkan bagi masyarakat tetangga atau diluar Kabupaten Muara Enim.

Selama memiliki daya dan kemampuan lebih, maka tidak ada salahnya saling membantu dan bekerjasama, apalagi Muara Enim dan Lahat merupakan kabupaten yang berdampingan.

“Selain itu kerjasama ini dipandang sebagai peluang untuk mengembangkan jaringan dan memperluas sambungan pelanggan bagi PDAM Lematang Enim sehingga akan meningkatkan pendapatan, baik perusahaannya maupun Pemkab Muara Enim,” terangnya. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan