Juarsah Terima SK Plt Bupati Muara Enim dari Mendagri

Foto : Gubernur Sumsel H Herman Deru saat menyerahkan SK Plt Bupati kepada H Juarsah SH

MUARA ENIM – H Juarsah SH secara resmi menerima Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (SK Mendagri) Republik Indonesia Nomor 131.16-274 tanggal 16 Desember 2019 agar Wakil Bupati Muara Enim melaksanakan tugas dan kewenangan Bupati Muara Enim, terhitung susut atau dihitung mundur sesuai dengan ditandatanganinya SK.

SK ini dikeluarkan menyusul penetapan Bupati Muara Enim non aktif Ir H Ahmad Yani MM sebagai terdakwa oleh Pengadilan Negeri Palembang pada 16 Desember 2019 lalu.

Penyerahan SK Mendagri sendiri, berlangsung khidmat ditengah merebaknya wabah virus Corona yang sedang melanda. Penyerahan SK Mendagri dilakukan Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru kepada H Juarsah SH, bertempat di Graha Bina Praja, Kantor Gubernur Sumatera Selatan, Palembang, Senin (23/03/2020).

Turut hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRD Sumsel, Kepala OPD Pemprov Sumsel, para Forkopimda Muara Enim, Sekretaris Daerah Muara Enim, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tokoh masyarakat, camat dan beberapa kepala desa di Kabupaten Muara Enim serta tamu undangan lainnya.

Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam sambutannya mengatakan, menyampaikan bahwa pada dasarnya jabatan Wakil Bupati Muara Enim H Juarsah SH sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati sebelum SK ini diterbitkan sama saja. Namun yang membedakan jika sebelumnya Plt Bupati dalam tataran bupati definitif dinyatakan non-aktif atau bisa disamakan dengan cuti. Maka kali ini, Plt Bupati sebagai jabatan tunggal karena bupati definitif dinyatakan berhenti.

“Dengan adanya SK ini, maka semua hak dan kewenangan bupati definitif dinyatakan gugur atau tidak berlaku lagi termasuk tidak ada lagi penyertaan foto dan keterangan jabatan bupati pada kegiatan pemerintahan di Kabupaten Muara Enim,” terang Deru.

Gubernur berharap, H Juarsah SH sebagai Plt Bupati Muara Enim dapat menjalankan sisa jabatan dengan sebaik-baiknya dan optimis memacu pembangunan di Kabupaten Muara Enim.

“Saya yakin pak Juarsah akan mampu mengemban amanah ini. Sehingga pembangunan di Kabupaten Muara Enim akan semakin maju dan masyarakatnya sejahtera,” harap Gubernur Sumsel.

Sementara itu, Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH mengatakan dirinya akan terus berkomitmen dalam mewujudkan Muara Enim untuk Rakyat atau #MERAKYAT yakni Muara Enim yang agamis, berdaya-saing, mandiri, sehat, dan sejahtera.

“Saya mohon doa dan dukungan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Muara Enim. Mari bersama-sama kita wujudkan Muara Enim untuk Rakyat,” ajak Juarsah. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan