Tiga Rangkaian Colourful Muara Enim Festival 2019 Berlangsung Semarak dan Meriah

MUARA ENIM – Colourful Muara Enim Festival 2019 kembali digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim. Bertempat di Halaman Tugu Adipura Muara Enim, digelar tiga festival besar yakni Festival Muara Enim Nyeruput 5000 Kopi, Festival Kesenian Tradisional Muara Enim dan Festival Funbike Merakyat Tahun 2019.

Festival yang dihadiri ribuan masyarakat Kabupaten Muara Enim tersebut, diselenggarakan dari 18-20 Oktober 2019 yang berlangsung meriah dan semarak.

Pose bersama saat Festival Nyeruput 5.000 Kopi

Berdasarkan pantauan, saat Festival Muara Enim Nyeruput 5000 Kopi digelar juga lomba barista competition, workshop dan coffe talk, pameran kopi Sumsel, lomba photography coffe dan lomba kemasan produk kopi.

Sedangkan saat Festival Kesenian Tradisional digelar lomba tari kreasi tradisional, lomba kompetisi videografi dan lomba fotografi. Juga dihadirkan artis Ibu kota yakni Zian eks Vocalis Band Zigas dari Jakarta, serta pengundian Door prize sebanyak dua unit sepeda motor.

Saat Festival Funbike Merakyat Tahun 2019 tak kalah meriah dan semaraknya dengan rute diseputaran Taman Tugu Adipura. Panitia juga menyediak berbagai hadiah dan doorprice menarik.

Tari pembuka pagelaran Festival Nyeruput 5000 Kopi

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim H Juarsah SH secara resmi membuka tiga even festival dalam rangkaian Muara Enim Colourful Muara Enim Festival 2019. Hadir pada kesempatan itu, berbagai tamu undangan diantaranya Ketua Tim Wasev TMMD Ke-106 Brigjend Amalsyah Tarmizi SIp, tamu kehormatan dari Kementerian Pariwisata RI, Bambang Wijanarko.

Hadir juga pada kesempatan itu, Sekda Muara Enim Ir H Hasanudin, Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono, Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Syafrudin, beberapa pejabat lingkup Pemkab Muara Enim serta tamu undangan lainnya.

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Muara Enim kaya akan keindahan alam dan keaneka ragaman budaya. Salah satunya dari perkebunan kopi dan merupakan produk unggulan di Bumi Serasan Sekundang dengan cita rasa khas Bumi Tunggu Tubang Semende Muara Enim.

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH saat mencicipi kopi khas Semende Muara Enim

Juarsah berharap melalui Festival Nyeruput 5000 Kopi ini, bisa semakin mempopulerkan Kabupaten Muara Enim sebagai daerah penghasil kopi dengan citarasa terbaik khas Semende.

“Semoga melalui Festival ini, bukan hanya memperkenalkan produk khas Kabupaten Muara Enim berupa kopinya. Juga bisa menarik minat wisatawan untuk datang dan berkunjung ke Kabupaten Muara Enim,” harapnya.

Selain itu, Juarsah mengajak masyarakat Muara Enim untuk bersama-sama memajukan kekayaan kesenian tradisional yang ada di Kabupaten Muara Enim. Agar Kabupaten Muara Enim bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Sumatera Selatan bahkan Indonesia.

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH didampingi Pelaksan Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Juarsah juga mengucapkan terimka kasih atas terselenggaranya Festival Funbike Merakyat tahun 2019 ini. Dan merupakan bagian dari rangkaian Colorfull Muara Enim tahun 2019 dalam mencapai visi dan misi Muara Enim yakni Merakyat, Muara Enim untuk rakyat dalam mewujudkan perubahan untuk Muara Enim yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera.

Plt Kadin Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Muara Enim, Isdrin ST mengatakan, Festival Nyeruput 5000 Kopi, Festival Kesenian Tradisional Muara Enim dan Festival Funbike Merakyat Tahun 2019 adalah rangkaian Colourful Muara Enim Festival2019.

Tujuan diadakannya festival ini, kata Isdrin, selain memperkenalkan produk kopi sebagai produksi lokal Muara Enim juga bentuk upaya meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal, domestik dan asing untuk berkunjung ke Muara Enim.

Salah satu peserta dalam Festival Tari Kreasi

“Kita ingin mengenalkan kopi Muara Enim ke tingkat Provinsi Sumsel dan Nasional dalam bentuk beberapa jenis lomba dan pameran. Selain minum kopi 5000 cangkir gratis juga ada lomba Barista Competition, workshop dan coffe talk, pameran kopi Sumsel, lomba photography coffe dan lomba kemasan produk kopi. Sedangkan Festival Kesenian Tradisional digelar lomba tari kreasi tradisional, lomba kompetisi videografi dan lomba fotografi,” kata dia. (Dz)

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH dan istri bersama tamu undangan lainnya saat acara Festival Kesenian Tradisional

 

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH saat menyerahkan Hadiah kepada para pemenang kompetisi saat tiga rangkaian festival berlangsung

Penampilan dari mantan vokalis Zigas saat menghibur masyarakat pada Festival Tari Kreasi

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH dan istri bersama tamu undangan lainnya saat acara Festival Kesenian Tradisional

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH saat membuka Festival Fun Bike

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH pose bersama para pemenang door prize Funk bike

Para peserta Fun bike

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan