Gubernur Herman Deru Buka Festival Melemang dan Ngopi Bareng

LAWANG KIDUL – Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru hadir dan membuka secara langsung Festival Melemang dan Ngopi Bareng yang di gelar Pemerintah Kabupaten Muara Enim bertempat di Lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) PT Bukit Asama, Sabtu (23/03/2019).

Kegiatan festival melemang  dan  ngopi bareng yang prakarsai TP PKK Kabupaten Muara Enim, Pemerintah Kecamatan Lawang Kidul bekerjasama dengan PT Bukit Asam Tbk merupakan rangkaian kegiatan “Colorful Muara Enim Festival tahun 2019.

Secara bersamaan moment tersebut sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat tentang program Tanjung Enim menjadi Kota Tujuan Wisata dan dalam rangka memperingati Ulang Tahun PT Bukit Asam Tbk yang ke-38.

Momen ini juga bertujuan untuk mengangkat kekayaan daerah sekaligus ssbagai bentuk pelestarian dan penggugah hati masyarakat untuk kembali mencintai dan bangga akan berbagai macam kuliner yang dimiliki Kabupaten Muara Enim Khususnya Kota Tanjung Enim.

Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani mengatakan festival Melemang dan Ngopi Bareng yang d gelar selama dua hari ini merupakan rangkaian dari 25 agenda wisata Colorful Muara Enim Festival 2019 dan dirangkai perayaan HUT PT BA ke 38.

Dikatakan bupati, berbagai acara yang di gelar dari melemang, ngopi bareng, lanjut perlombaan kicau burung, peresmian motif batik khas Muara Enim yang bernama Batik Serasan serta di gelarnya berbagai pameran produk dari UKM disetiap kecamatan.

Gubernur Sumsel H Herman Deru didampingi Bupati H Ahmad Yani MM beserta rombongan saat memasak lemang

“Ini kita lihat begitu antusiasnya masyarakat untuk datang dan menyaksikan berbagai pagelaran ini, membuktikan respon positif masyarakat sekitar sangat tinggi untuk menjadikan Kota Tanjung Enim menuju Kota Wisata,” ucap Yani.

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru dalam sambutannya mengatakan, upaya yang dilakukan Pemkab Muara Enim dalam upaya mengangkat berbagai potensi budaya patut diapresiasi .

“Kita lihat keseriusan yang telah ditunjukkan Pemkab Muara Enim dalam melestarikan budaya melemang. Semoga tradisi ini bisa menarik banyak wisatawan untuk datang ke Muara Enim dan Sumsel,” harap Herman Deru.

Gubernur menerangkan, indeks kebahagiaan di Sumsel berada di level 72 dan Muara Enim memiliki kontribusi besar pada pencapaian Indeks  tersebut, terlebih dengan keberadaan perusahaan besar PTBA yang berperan besar dalam menyumbang kebahagian masyarakat yang terlihat dari kepedulian perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Apalagi, tambah Herman Deru, perusahaan penambangan batubara  terbesar ini akan membangun destinasi wisata museum tambang, miniatur rumah ibadah, objek wisata untuk anak-anak dan lain sebagainya.

“Untuk itu saya mengajak kepada semua lapisan mari kita dukung dan wujudkan keinginan tersebut untuk menjadikan Kota Tanjung Enim dan secara luas Kabupaten Muara Enim  menjadi tujuan Kota Wisata yang ada di Sumatera Selatan,” ajaknya. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan