Hadiri Festival Durian, Gubernur Sumsel Nikmati Durian Khas Muara Enim

MUARA ENIM – Kabupaten Muara Enim resmi melaunching ajang Colorful Muara Enim Festival 2019 yang dihelat di Kawasan Wisata Air Terjun Curup Tenang, Desa Bedegung , Kecamatan Tanjung Agung, Rabu (30/01/2019).

Colorful Muara Enim Festival 2019 diawali Festival Buah Durian yang dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru.

Colorful Muara Enim Festival 2019 merupakan serangkaian kegiatan festival yang diusung Pemerintah Kabupaten Muara Enim. Total ada sebanyak 25 festival yang akan digelar sepanjang tahun ini dengan berbagai tema mulai kuliner, pendidikan, budaya, hingga religi.

Selain dihadiri Gubernur, launching juga dihadiri Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani, Wakil Bupati Muara Enim H Juarsah, Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Hj Sumarni Ahmad Yani, Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam, Bupati OKU, Kuryana Aziz, Kepala OPD, Asisten, serta pimpinan Forum Komunikasi Daerah ( Forkopimda) lingkup Kabupaten Muara Enim.

Dalam edisi festival Durian ini, ada ratusan buah durian yang dinikmati secara bersama-sama. Gubernur Herman Deru, Bupati Ahmad Yani dan Wakil Juarsah bersama Kepala daerah yang turut datang larut dalam sukacita menikmati manis legit si raja buah.

Buah-buah durian ini, didatangkan langsung dari kebun rakyat berasal berbagai Kecamatan Muara Enim. Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani mengatakan festival durian merupakan event pembuka Colorful Muara Enim Festival.

Gubernur Sumsel H Herman Deru didampingi beserta istri didampingi Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani  beserta istri dan anggota DPR RI Wahyu Sanjaya saat memilih durian yang akan dinikmati

Menurutnya, Pemkab mengagendakan 25 kegiatan yang berbasis potensi lokal dan kekhasan Kabupaten Muara Enim kedalam atraksi wisata berkesinambungan yang akan digelar setiap bulannya.

“Adapun rangkaian atraksi wisata ini kami kemas dengan tajuk Colorful Muara Enim Festival, Colorful artinya penuh warna yang bermakna inilah Kabupaten Muara Enim yang penuh dengan potensi,” kata Yani.

Melalui 25 kegiatan wisata didalam Colorful Muara Enim Festival 2019, pihaknya berharap Kabupaten Muara Enim dapat lebih atraktif menyuguhkan potensi wisata daerah dan tampil sebagai destinasi wisata unggulan di Sumsel.

Tujuan utama dari semua ini,  tak lain sebagai pendongkrak pendapatan daerah khususnya bagi perekonomian masyarakat lokal.S Selainmengenai festival durian, Yani mengatakan dapat lebih mengangkat pamor buah lokal.

“Kami optimis kegiatan seperti ini dapat mempopulerkan buah durian dan olahan panganan dari buah durian sebagai ciri khas buah-buahan asli dari Bumi Serasan Sekundang,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru yang datang didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan Hj Febrita Lustia tampak menikmati jalannya festival. Bahkan orang nomor satu di Bumi Sriwijaya ini tak segan berkeliling stand demi stand untuk menikmati buah durian dan makanan olahan yang disajikan.

Herman Deru mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia pun memuji Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani yang begitu kreatif memoles tempat wisata dengan kegiatan atraksi wisata.

“Seperti diketahui wisata air terjun Bedegung ini sudah cukup lama terkenal bagi warga Sumsel, ditambah kegiatan seperti ini tentunya akan menambah popularitas wisata alam disini,”kata Deru

Deru menuturkan, atraksi wisata yang digelar Pemkab Muara Enim patut ditiru oleh daerah lain. Sebab kebedaraan destinasi wisata tak cukup hanya mengandalkan keindahan alam,namun perlu dipoles kegiatan kreatif yang mampu mengajak orang datang.

“Sumsel memang banyak wisata kebanggaan, tapi perlu lebih kreatif lagi supaya orang-orang wisatawan mau datang berkunjung,”ucapnya

Deru berharap, Pemkab Muara Enim juga terus meningkatkan segala potensi wisata mereka. Selain itu, setiap destinasi wisata juga perlu peningkatan fasilitas yang diperlukan para pelancong.

“Seperti penginapan, untuk wisatawan lokal bisalah mereka gunakan homestay, namun untuk wisatawan luar perlu ditambah lagi, para tamu-tamu bisnis sangat membutuhkan fasilitas dan sarana lebih bagus untuk kenyamanan mereka berwista,” terangnya. (Kalbadri/ ws)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan