Ratusan Warga Lapas Muara Enim Ikuti Pengobatan Kesehatan Gratis

Tampak warga binaan Lapas Kelas II B sedang melakukan pemeriksaan kesehatan

MUARA ENIM – Untuk menjaga kesehatan dan meminimalisir terhadap penyakit menular, ratusan warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas)  Kelas II B Muara Enim menjalani pemeriksaan kesehatan yang di lakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim melalui Puskesmas Kecamatan Kota Muara Enim.

Kepala Puskesmas Muara Enim, dr Hj Siti Maisaroh disela-sela acara pengobatan gratis kepada Kabarmuaraenim.com  mengatakan, kegiatan pemeriksaan kesehatan terhadap warga binaan Lapas Muara Enim ini rutin dilakukan sebulan sekali.

“Bentuk kerjasama yang kita lakukan adalah penyuluhan, pemeriksaan dan pengobatan gratis untuk narapidana,” tutur Maisaroh.

Dalam pemeriksaan  kali ini, terangnya, ada dua bagian yakni sebanyak 126 narapidana melakukan pemeriksaan kesehatan dan 61 orang menjalani tes HIV.

“Dari pemeriksaan yang di lakukan para penghuni lapas banyak mengalami keluhan penyakit seperti batuk, flu dan gatal-gatal,” terangnya.

Sementara untuk tes HIV, jelas Maisaroh, belum  bisa diketahui hasilnya karena masih dalam pemeriksaan petugas.

Kepala Puskesmas Kota Muara Enim dr Hj Maisaroh saat memberikan bingkisan kepada warga binaan Lapas Kelas II B Muara Enim

“Selain dilakukan pemeriksaan kesehatan, pihak puskemas juga memberikan bingkisan berupa peralatan mandi kepada para warga binaan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II B Muara Enim, Rudik Erminanto mengatakan, kegiatan ini merupakan hasil kerjasama Pemkab Muara Enim dengan Lapas Muara Enim dibidang kesehatan. Kesempatan kali ini melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes HIV dari petugas Puskesmas Muara Enim.

Dirinya berharap, dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini dapat mendeteksi secara dini keluhan para warga binaan selama berada di dalam lapas. Sehingga, lanjut Radik, setelah narapidana keluar dari lapas dan kembali ke tengah-tengah masyarakat dalam kondisi sehat jasmani dan rohani. Dalam kegiatan ini, bagi narapidana yang mengalami sakit dan terindikasi HIV akan mendapatkan penanganan khusus.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Muara Enim. Dan hasil tes darah nanti kita tunggu hasilnya. Misalnya apabila terindikasi punya penyakit TBC nanti ada penanganan khusus. Sehingga pada saat keluar nanti dalam kondisi badan sehat,” jelasnya.

Dikatakan Rudik,  bahwa sebagian besar keluhan para narapidana selama ini adalah penyakit  gatal-gatal. Makanya, pihak Lapas selalu menghimbau kepada para penghuni Lapas untuk selalu menjaga kebersihan badan dan rutin mandi setiap hari.

“Sebagian besar yang dialami warga binaan kami adalah sakit gatal. Makanya pada pemeriksaan kali ini banyak keluhan sakit gatal,” terangnya. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan