17 Wartawan Dinyatakan Kompeten dan 4 Belum Kompeten

MUARA ENIM – Dari 21 orang wartawan yang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) baik dari Kabupaten Muara Enim sendiri maupun dari daerah lain, empat orang wartawan dinyatakan tidak kompeten. Sedangkan 17 orang wartawan lainnya dinyatakan kompeten dan mampu menjalankan kode etik jurnalistik dengan baik.

Kegiatan UKW tersebut diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Muara Enim bekerjasama dengan Pemkab Muara Enim melalui Humas dan Protokol, berlangsung selama dua terhitung dari 28 – 29 Nopember 2016, bertempat di Hotel Griya Sintesa Muara Enim.

“Saya ucapkan selamat kepada para wartawan yang telah berhasil mengikuti UKW. Sedangkan kepada wartawan yang belum berhasil jangan berkecil hati, karena masih ada kesempatan dilain waktu,” tutur Ketua PWI Provinsi Sumsel H Oktap Riady saat acara penutupan UKW, Selasa (29/11/2016).

UKW, terang Oktap, merupakan ujian mengenai kemampuan seorang wartawan dalam menulis berita yang dilakukannya setiap hari. Dari sinilah akan dilihat sejauh mana kompetensi dan kemampuan wartawan dalam mengemas berita agar menarik dan layak disajikan dalam bentuk berita. Tentunya memenuhi unsur 5W 1 H dan sesuai kode etik jurnalistik.

“Semoga melalui UKW ini, dapat menjadikan wartawan semakin profesional dan mampu memberikan kontribusi dalam mendukung pembangunan khususnya di Kabupaten Muara Enim sesuai dengan undang-undang nomor 40/1999 tentang pers,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar melalui Kabag Humas dan Protokol H Rinaldo SSTP MSi mengatakan semoga melalui UKW ini, wartawan di Kabupaten Muara Enim semakin profesional dalam menjalankan tugasnya. Serta dapat membantu terwujudnya Muara Enim yang Sehat, Mandiri, Agamis dan Sejahtera atau Muara Enim SMAS.

“Saya mewakili Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar mengucapkan selamat kepada wartawan yang telah berhasil mengikuti UKW. Junjung tinggi profesionalitas serta kode etik jurnalistik,” ucapnya. (Kalbadri/Azhari)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan