PT TeL PP Diharapkan Jadi Role Model Vaksinasi Gotong Royong

Foto : Pj Bupati Muara Enim saat meninjau vaksinasi bagi pekerja dan keluarganya di PT TeL

Selain itu, Pj Bupati Juga Berharap PT TeL dapat membantu pemenuhan pasokan oksigen, khususnya di Kabupaten Muara Enim

MUARA ENIM – Pj Bupati Muara Enim, H Nasrun Umar melaksanakan kunjungan kerja ke PT Tanjungenim Lestari (TeL) Pulp and Paper, Selasa (03/08/2021) di Kecamatan Rambang Niru dan Empat Petulai Dangku dalam rangka meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi pekerja dan keluarganya.

Pj Bupati mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan bubur kertas ini dan dirinya berharap vaksinasi ini dapat menjadi role model vaksinasi yang dilakukan perusahaan di Kabupaten Muara Enim.

“Kita mengapresiasi kegiatan vaksinasi ini karena hal ini merupakan wujud dukungan PT TeL sebagaisalah satu badan usaha di Kabupaten Muara Enim dalam menyukseskan program vaksinasi nasional demi menanggulangi pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Dijelaskannya juga, bahwa vaksinasi yang dilakukan PT TeL merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 Tahun 2021 yang mengamanatkan Badan Usaha untuk membantu pemerintah melalui vaksinasi mandiri yang disebut dengan vaksinasi gotong royong kepada pekerja dan keluarga pekerja.

Foto : Pj Bupati Muara Enim Pose bersama managemen PT TeL PP

“Saya datang untuk memastikan dan berharap kegiatan ini dapat pula diikuti oleh badan usaha ataupun perusahaan swasta lainnya di Kabupaten Muara Enim,” tegasnya.

Sementara itu, Hiroyuki Moriyasu selaku Direktur Utama PT Tanjungenim Lestari Pulp and Paper mengucapkan terima kasih atas dukungan dan perhatiaan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Muara Enim. Sehingga perusahaan dapat beroperasi normal selama pandemi COVID-19 dengan tetapmenerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kami juga menyampaikan sebagai Objek Vital Nasional yang memperoleh Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI), Perusahaan mendukung program Vaksinasi Gotong Royonguntuk pekerja dan keluarganya di lokasi pabrik, Lampung dan kantor Jakarta sebanyak 1580 orangdan dilakukan dalam 2 sesi yaitu tanggal 2 – 6 Agustus 2021 serta tanggal 23 – 27 Agustus 2021,” ucapnya.

Pj Bupati saat berbincang dengan managemen PT TeL PP

Ditambahkan, Mochamad Amrodji selaku Kepala Divisi Hubungan Pemangku Kepentingan yakni Stakeholders Relation Division mengatakan, setelah konsultasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim menyampaikan bahwa jenis vaksin yang digunakan adalah Sinopharm yang diperoleh dari Bio Pharma serta bekerjasama dengan RS Siloam Sriwijaya sebagai vaksinator.

“Vaksinasi ini terselenggara atas dukungan dan hasil konsultasi kita ke Dinkes hingga didapatlah jenis vaksin yang kita gunakan hingga kita bekerjasama dengan RS Siloam Sriwijaya sebagai vaksinator didalam pelaksanaan vaksinasi ini,” terangnya.

Berdasarkan pantauan, selain meninjau pelaksanaan vaksinasi, Pj Bupati juga melihat produksi gas oksigen yang digunakan PT TeL untuk keperluan perusahaan.

Pj Bupati berharap jika memungkinkan, PT TeL dapat membantu pemenuhan pasokan oksigen, khususnya di Kabupaten Muara Enim. Namun, tentunya menurut Pj Bupati, gas oksigen yang ada di PT TeL ini harus dikaji terlebih dahulu agar memenuhi persyaratan dan standardisasi kelayakan.

“Oksigen yang ada di PT TeL ini harus dikaji terlebih dahulu agar memenuhi persyaratan dan standardisasi kelayakan dari instansi terkait sehingga aman untuk dikonsumsi secara umum bagi masyarakat yang membutuhkan,” tegasnya.

Terkait oksigen Hiroyuki Moriyasu menyampaikan, bahwa sebagai bentuk kepedulian perusahaan dalam kondisi kedaruratan Oksigen dan beberapa Rumah Sakit disekitar lokasi pabrik sangat membutuhkan suplai oksigen saat ini.

Foto : Pj Bupati melihat kegiatan vaksinasi

“Perusahaan memiliki fasilitas pemurnian gas Oksigen (Oxygen Plant) dengan kemurnian Oksigen mencapai 90% dan sudah mencoba membuat fasilitas pengisian tabung oksige namun dengan tekanan terbatas 12 bar,” bebernya.

Dilanjutkannya, apabila diisikan kedalam tabung Oksigen 6 m3 mampu digunakan sebagai terapioksigen selama 2.5 jam.

“Jika tingkat kemurnian gas Oksigen PT TeL sudah memenuhi persyaratan kualitas Oksigen dari Oksigen Konsentrator, Perusahaan perlu melakukan pengujian tambahan dan memenuhi beberapa parameter lainnya didalam dalam Permenkes No. 4 Tahun 2016,” pungkasnya. (Sw)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan