TP PKK Desa Tanjung Kemala Olah Hasil Kebun Menjadi Makanan dan Produk Bermutu

LUBAI – Tim Penggerak PKK Kabupaten Muara Enim berhasil membina ibu-ibu untuk dapat mengolah hasil kebunnya menjadi produk unggulan berbahan dasar lokal dari masing-masing desa.

Salah satunya, ibu-ibu PKK di Desa Tanjung Kemala Kecamatan Lubai, mereka berhasil mengolah hasil kebun menjadi olahan makanan dan berbagai hasil kerajinan tangan yang bermutu.

Hasil karya dari binaan TP PKK Kecamatan Lubai ini, mendapat apresiasi pemerintah daerah dan Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Ir Hj Sumarni MSi saat mengunjungi Desa Tanjung Kemala belum lama ini. Dari kunjungan itu, nantinya produk-produk unggulan masyarakat Kecamatan Lubai akan dibawa sampai ke tingkat Kabupaten Muara Enim.

“Kami sangat berharap produk-produk di desa kami ini bisa dibawa ke tingkat kabupaten,” ungkap Zuryati SPd selaku anggota PKK Desa Tanjung Kemala.

Dia menjelaskan, berbagai produk makanan olahan warga Desa Tanjung Kemala diantaranya, aneka macam kripik singkong. Selanjutnya, aneka kerajinan dari bahan kayu dan rotan, menjadi miniatur rumah adat Sumatera Selatan, alat pertanian dan alat rumah tangga. Kata dia, untuk pemasaran produk masih terkendala, dan hanya mampu dijual disekitar wilayah kecamatan Lubay.

“Kami masih sering mendapat pesanan warga untuk sovenir pernikahan, pasar kalangan, dan pameran tingkat kecamatan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kecamatan Lubai, Dina SPd didampingi Camat Edi Suprianto mengatakan, pembinaan kepada kelompok-kelompok usaha masyarakat sudah dilakukan melalui kegiatan PKK Kecamatan Lubai.

Kedepan ini, akan terus dikembangkan dan digali potensi desa bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Muara Enim.

“Kami sangat mendukung program TP PKK kabupaten Muara Enim mendorong masyarakat kreatif dan inovatif untuk menciptakan produk unggulan, berbahan dari lokal,” ucapnya. (Ipung)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan