SMA Negeri 1 Gunung Megang Gelar Pelepasan Siswa/i dan Turnamen SMANSAGUM Open

GUNUNG MEGANG – SMA Negeri 1 Gunung Megang menggelar dua hajatan akbar sekaligus yakni pelepasan siswa-siswi kelas XII dan turnamen SMA Negeri 1 Gunung Megang (SMANSAGUM) Open Ke-1, bertempat di Halaman SMA Negeri 1 Gunung Megang, Kamis (20/04/2017).

Kegiatan yang berlangsung meriah dan semarak tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim Drs H Muzakar M Pd, Kasi Perbantuaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Sumatera Selatan Muara Enim Drs Amir Hamzah, Kapolsek Gunung Megang, Camat Gunung Megang Kurniawan S Sos dan unsur pemerintah kecamatan Gunung Megang.

Ada sebanyak 241 siswa-siswi kelas XII yang dilepas dan dikembalikan kepada orang tuanya masing-masing. Sedangkan untuk turnamen SMANSAGUM sendiri digelar berbagai kegiatan lomba baik dibidang akademik maupun non akademik.

Kepala SMA Negeri 1 Gunung Megang Drs Firmansyah MSi mengatakan bahwa kegiatan SMANSAGUM Open ini adalah pertama kali diadakan di SMA Negeri 1 Gunung Megang dan kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari terhitung dari 20-23 April 2017. Namun, acara pembukaan SMANSAGUM digelar bersama dengan acara penglepasan dan penyerahan kembali siswa kelas XII kepada orang tuanya.

    Para tamu undangan yang hadir

“Kita berharap siswa kita  Kelas XII bisa semua lulus seratus persen. Saya meminta kepada siswa-siswi yang dilepas untuk dapat menjaga nama baik almamater sekolah dimanapun kalian berada. Baik melanjutkan ke.jenjang perguruan tinggi maupun memasuki dunia kerja,” harapnya.

Kedua kegiatan ini, lanjutnya, murni atas gagasan para siswa-siswi SMA Negeri 1 Gunung Megang. Untuk turnamen SMANSAGUM open diharapkan dapat meningkatkan prestasi peserta didik dibidang akademik seni.

Adapun perlombaan dibidang akademik hanya diadakan perlombaan Ranking 1 untuk kategaori tingkat SMP dengan materi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS. Sementara tingkat SMA se- Kabupaten Muara Enim diadakan lomba bidang seni yakni nasyid, LTKBB Pramuka, dan LTKBB Paskibraka tingkat SMA se-kabupaten Muara Enim.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan ini agar siswa kita tidak seperti katak didalam tempurung yang hanya mampu memperlihatkan kemampuaannya dilingkungannya saja. Namun bisa berbicara banyak diluar kandang baik ditingkat kecamatan, kabupaten maupun nasional,” harap Firman.

Sementara itu, Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar melalui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muara Enim Drs H Muzakar M Pd mengatakan bahwa pendidikan adalah investasi jangka panjang sehingga Pemkab Muara Enim tetap mensuport dan mendukung kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh pendidikan menengah walaupun sudah diterbitkanya UU No 23 tahun 2016 karena walaupun kewenangan pendidikan menegah sudah diambil alih oleh Propinsi. Namun keberadaan dari pendidikan menengah tetap berada di kabupaten dan sudah sepatutnya Pemkab Muara Enim untuk tetap memberikan dukungan pada pendidikan menengah.

Selanjutnnya, lanjutnya, dirinya menguckan selamat kepada siswa-siswi kelas XII yang telah menyelesaikan pendidikannya dan  selamat kepada Kepala SMA Negeri 1 Gunung Megang atas terlaksananya kegiatan SMANSAGUM Open Ke- I.

Semoga dengan adanya kegiatan ini  dapat meningkatkan prestasi anak didiknya baik dibidang akademik maupun non akademik, dan dirinya juga sangatlah berharap dengan adanya kegiatan pengembangan bakat dan minat siswa seperti ini tetap terlaksana sehingga akan dapat mempererat hubungan silaturahmi antar pelajar dan juga dapat mendukung visi misi kabupaten Muara Enim Sehat, Mandiri, Agamis dan Sejahterah (SMAS).

“Saya berpesan semoga dengan adanya kegiatan seperti ini dapat terjalin silaturahmi antar pelajar se-Kabupaten Muara Enim, Namun saya harus tegaskan kepada seluruh peserta SMANSAGUM Open ini agar selalu menjunjung tinggi sportifitas didalam bertanding karena didalam sebuah pertandingan kalah menang itu adalah hal biasa namun sportifitas harus tetap dijunjung tinggi supaya silaturahmi tetap terjalin dan visi kabupaten Muara Enim SMAS tercapai,” tutup Muzakar. (Kalvin)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan