Strowbery Semende Potensi Ekonomi Warga

SDU, Sumber daya alam di wilayah Semende sungguh luar biasa. Khususnya di bumi Semende Darat Ulu (SDU), kebun strowbery milik petani setempat mempunyai potensi bagus untuk ekonomi warga selain hasil kopi.

Salah satunya kebun strowbery PURBA yang ada di Desa Segamit. Tempat itu sudah dua tahun terakhir menjadi tempat wisata bagi warga setempat maupun dari luar daerah.

“Berkebun buah strowbery hasilnya sangat bagus dan dapat menunjang perekonomian masyarakat,”ungkap Pardu (47), salah seorang petani strowbery Desa Segamit, Jumat (11/3/2016).

Pardu menjelaskan, dirinya sekarang ini mengolah lahan seluas 2 hektar untuk dijadikan perkebunan buah strewbery. Menurut dia, karena prospek dari produksi buah ini sangat bagus kedepan, dapat menunjang perekonomian warga di Desanya. Ia mengatakan, buah strewbery olahannya ini aman, tidak mengandung bahan kimia.

“Olahannya aman, tidak ada bahan kimia alias organik. Untuk masa panen sendiri, bisa dilakukan tiga kali dalam satu minggu. Dengan harga jual ke pasar rata-rata Rp 55 ribu per kilogram.

Sari Rusnaini, salah satu pelanggan yang rutin membeli buah strewbery di kebun Pardu menjelaskan, buah strowberi dari perkebunan Purba ini sangat diminati warga di Kota Muara Enim dan Tanjung Enim. 

“Saya rutin ambil buahnya di sini. Saya jual di Muara Enim dan Tanjung Enim. Warga disana sangat suka buah strewbery perkebunan di sini,”ungkap Sari warga Lahat ini. (03) 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan