Warga Desa Diminta Jaga Aset Pamsimas

MUARA ENIM, Sebanyak 210 warga dari 105 desa di 20 Kecamatan se-Kabupaten Muara Enim diminta untuk terus memiliki komitmen yang tinggi dan lebih peduli terhadap Program air minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di wilayahnya masing – masing.

“Dengan menjaga aset Pamsimas di wilayahnya melibatkan seluruh masyarakat yang menitikberatkan pada asosiasisi adalah tugas untuk meningkatkan kapasitas masyarakat sehingga Sehat, Mandiri, Agamis dan Sejahtera (SMAS) di Kabupaten Muara Enim bisa terwujud,” tutur Bupati Muara Enim Ir. H. Muzakir Sai Sohar, saat membuka pelatihan program Pamsimas, di GZ Muara Enim, Kamis (10/3/2016).

Menurutnya, dengan meningkatkan penyediaan air minum, sanitasi dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, terutama dalam menurunkan angka penyakit diare dan penyakit lainnya yang ditularkan melalui air dan lingkungan.

Dalam penyediaan air minum, sanitasi dan kesehatan, Muzakir berpendapat akan efektif dan berkelanjutan bila berbasis pada masyarakat melalui keterlibatan seluruh masyarakat.

“Bahkan dengan komitmen tersebut dapat mendukung pencapaian MDG’S dengan capaian menurunnya jumlah penduduk yang belum mempunyai akses air minum dan sanitasi dasar. Maka itu Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim bertanggung jawab akan Pamsimas,” terang Muzakir.

Ditambahkan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPMPD) Muara Enim Emran Tabrani bahwasanya kegiatan ini diharapkan jangan sampai sarana Pamsimas yang sudah ada tidak dikelola dengan baik, dengan kata lain jangan sampai tidak berlanjut kegiatannya.

“Untuk narasumber kegiatan ini dari SKPD Pemkab yaitu BLH, PU CK, Dinkes, Bappeda dan PDAM,” pungkasnya. (01)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan