4.154 Siswa-Siswi di Kabupaten Muara Enim Ikuti UNBK Tingkat SLTA Sederajat

Sekda Muara Enim Ir H Hasanuddin didampingi Kadin Disdikbud Muara Enim H Muzakar saat meninjau pelaksanaan UNBK

MUARA ENIM – Pelaksanaan Ujian Berbasis Komputer (UNBK) untuk Tingkat SLTA Tahun Ajaran 2017/2018 di beberapa sekolah dalam Kota Muara Enim diantaranya SMAN 1 Unggulan, SMAN 2, SMA 3 dan MAN 1 Muara Enim di hari pertama sudah berlangsung dan tidak mengalami kendala baik para peserta maupun peralatan penunjang sehingga berjalan lancar.

“Dari beberapa sekolah yang kita tinjau tadi, Alhamdullah berjalan lancar. Demikian juga fasilitas pendukung seperti server dan peralatan komputer yang digunakan para peserta. Dan yang terpenting listrik tidak mengalami pemadaman,” tutur Sekretaris Daerah Muara Enim Ir H Hasanudin MSi, saat meninjau langsung pelaksanaan UNBK dibeberapa SMA dan MAN Dalam Kota Muara Enim, Senin (09/04/18).

Namun demikian, sambung Hasanudin, meski sudah dipersiapkan dengan matang, kendala listrik padam bisa saja terjadi secara tib-tiba misal terjadi pohon roboh dan sebagainya. Karenanya panitia juga harus menyiapkan genset untuk mengatasi jika hal tersebut terjadi.

“Oleh karena itu, kita berharap dan berdoa semoga pelaksanaan UNBK disemua sekolah khususnya di Kabupaten Muara Enim akan berjalan lancar dan tidak ada kendala yang berarti,” harap Hasanudin.

Selain itu, Hasanudin berpesan kepada siswa-siswi yang sedang menempuh ujian ini, diharapkan untuk mengikuti dengan sebaik-baiknya. Karena ujian yang diikuti pada hari ini adalah puncak pembelajaran selama mengenyam pendidikan di sekolah ini.

Sementara itu, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) se-Kabupaten Muara Enim, Darmadi SPd MSi saat di konfirmasi mengatakan bahwa, para peserta yang mengikuti UNBK Untuk tingkat SMA di Kabupaten Muara Enim berjumlah 4.154 siswa-siswi yang terdiri 2.095 untuk jurusan IPA dan 2.059 jurusan IPS. Dengan jumlah sekolah sebanyak 27 SMA yang ada di Kabupaten Muara Enim.

Sejauh ini, terang Darmadi, terkait dengan pelaksanaan UNBK yang sudah berlangsung hari ini, Alhamdulillah sudah berjalan lancar. Namun masih terkendala signal yang sering mengalami gangguan.

Tampak siswa-siswi sedang mengikuti UNBK

“Disamping itu, berdasarkan laporan dilapangan bahwa SMA Kecamatan Tanjung Agung mengalami gangguan karena mati lampu, namun pihak panitia sudah menyiapkan genset,” katanya.

Terpisah, salah seorang peserta UNBK dari SMA Negeri 3 Muara Enim, Muhammad Hafizon mengaku setelah mengikuti UNBK di hari pertama ini sedikit tegang. Karena saat mengoperasikan komputer tadi, terjadi kesalahan yang menurutnya tidak ada pemberitahuan secara tertulis di layar atau di pengumuman, kesalahan ini mungkin tidak terkoneksi.

“Kemudian bagi kami dan secara pribadi juga, bahwa UNBK yang diikuti ini sangat berkesan. Karena para peserta ujian langsung berhadapan dengan komputer masing-masing tanpa menulis dan menghapus. Disamping itu, limit waktu yang ditentukan juga sangat terbatas.

“Oleh karena itu, sebisa mungkin kami memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menjawab soal-soal yang sudah tersedia,” ucapnya. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan