PTBA Raih Sederet Prestasi dan Kontribusi di Usia Ke-40

Foto : Gubernur Sumsel Herman Deru beserta jajaran direksi PTBA saat potong tumpeng HUT PTBA ke-40

MUARA ENIM I Hampir separuh abad beroperasi, PT Bukit Asam (PTBA) Tbk sebagai perusahaan pertambangan batu bara dalam negeri terus berbakti dan berkontribusi optimal dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dan juga menjaga ketahanan energi dalam negeri.

Hal tersebut diungkapnya Direktur Utama PTBA Tbk Arviyan Arivin saat merayakan hari jadi PTBA ke-40 secara virtual tahun 2021, bertempat di Gedung Serba Guna Bukit Asam, Selasa (02/03/2021).

Acara yang berlangsung sederhana dan semarak tersebut, dihadiri langsung Gubernur Sumsel H Herman Deru, Plh Bupati Muara Enim DR H Nasrun Umar serta tamu undangan lainnya dengan tetap mematuhi protokol Covid-19.

Pose bersama diacara puncak HUT PTBA ke-40

Dirut PTBA Tbk Arviyam Arivin menjelaskan, perayaan HUT PTBA ke-40 tersebut, melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR)nya, PTBA turut serta dalam pembangunan PLTS Desa Tanjung Raja serta menyalurkan bantuan pompa Irigasi Tenaga Surya di Desa Tanjung Raja Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim.

“Pompa tersebut, berjenis Submersible memiliki kemampuan dapat menyedot air yang mengandung lumpur, kapasitas pompa adalah 50 lps (liter per second) atau 50 liter/detik dengan head mencapai 30 meter. Bantuan terdiri satu unit pompa submersible, satu unit inverter, satu unit bak intake berukuran 1,5×3 meter dengan kedalaman 4 meter,” kata Arivin.

Arivin menjelaskan, pompa irigasi berdaya 11 kW tersebut akan disokong listriknya oleh PLTS berkapasitas 18,7 kW yang menggunakan 140 keping panel surya yang dapat mengaliri lahan seluas 63 hektar dengan perkiraan hasil panen 3 kali setahun mencapai 567 ton.

Penandatanganan prasasti pembangunan PTBA Tbk

“Sebagai informasi, sebelum adanya bantuan ini, panen hanya dapat dilakukan satu kali per tahun dengan hasil sekitar 189 ton. Namun setelah adanya bantuan pompa air tersebut akan membantu petani meningkatkan hasil penenya tiga kali lipat,” bebernya.

Program PLTS ini merupakan salah satu dari sederet rangkaian ekspansi PTBA proyek energi baru PTBA terbarukan yang terus dikembangkan PTBA dalam beberapa tahun terakhir.

“Sebelumnya PTBA juga telah merampungkan beberapa proyek PLTS yang signifikan, antara lain PLTS di Bandara Soekarno Hatta bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II, PLTS Irigasi Pesawaran, PLTS Irigasi Talawi, dan PLTS untuk Yayasan Az-Zawiyah di Kabupaten Ogan Ilir ,” ungkapnya.

Selain itu, dalam menunjang fasilitas sosial Objek Wisata di Tanjung Enim, melalui programnya PT BA akan mendukung dan mewujudkan visi Tanjung Enim sebagai Kota Wisata.

“Area sudah dibangun yang memiliki fasilitas rekreasi berupa coal park, gedung kesenian, gedung pertemuan, gedung kuliner, kolam wisata, dancing fountain, dan lainnya,” kata Arivin.

Lebih jauh Arivin menjelaskan, produksi PTBA kian menggeliat ekspor meningkat, dan pemenuhan kebetuhan pasokan energi dalam negeri terus menjadi prioritas perusahaan. Bahkan, ditengah pandemi tahun lalu, perusahaan tetap mampu mencetak kinerja positif dan membukukan laba.

Peresmian PLTS Untuk irigasi sawah di Desa Tanjung Raja

Beyond Coal yang menjadi jargon PTBA terus direalisasikan, satu demi satu proyek hilirisasi untuk menggenjot nilai tambah batu bara dan ekspansi bisnis ke energi baru dan terbarukan mulai berjalan.

PLTU Sumsel 8 yang merupakan pembangkit listrik mulut tambang terbesar dan efisien di Indonesia kini sudah mencapai progress konstruksi 70% per Januari 2021, dan siap beroperasi
komersial Unit-1 pada bulan Desember tahun ini, dan Unit-2 pada bulan Maret 2022.

Selain itu, lanjutnya, tinggal menghitung waktu pabrik yang bisa menghasilkan produk Dymethil Ether atau DME yang bisa menjadi produk substitusi LPG yang impornya akan bertambah setiap tahunnya.

“Ya, produk DME dihasilkan PTBA ini akan menjadi kunci penting untuk penyelamatan devisa negara, sekaligus menjadi terobosan pemanfataan batu bara di Indonesia,” terang Arivin.

Ekspansi bisnis perusahaan ke sektor energi baru dan terbarukan juga bukan wacana, dengan bukti Commercial Operation Date (CoD) PLTS di Bandara Soekarno Hatta bekerjasama dengan PT AP2.

“Saat ini, PTBA sedang menyiapkan PLTS lahan bekas tambang di Ombilin, Sumatera Barat, dan Tanjung Enim, Sumatera Selatan, dengan kapasitas masing-masing mencapai 200 Megawatt (MW) dan direncanakan beroperasi mulai 2022, ” tutur Arivin.

Ia mengungkapkan, PTBA akan selalu berkontribusi mengingat peran pentingnya kepada masyarakat sekitar dalam mendukung kinerja perusahaan.

Terbukti tahun 2020 PT BA mengalokasikan dana sebesar Rp 128 miliar untuk membangun gedung olahraga baru, perbaikan venue Jakabaring Sport City, dan pembangunan fasilitas umum serta kendaraan pendukung tugas di Provinsi Sumatra Selatan.

Alokasi dana ini masuk dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) PTBA yang didukung dan telah ditandatangani oleh Bapak Gubernur Sumatra Selatan kita yaitu Bapak H Herman Deru program kerjasama yang berlangsung sejak 2019 sampai selesai pembangunan pada 2021.

Dirut PTBA Arviyam Arivin, Gubernur Sumsel H Herman Deru, Anggota DPR RI Percha Leanpuri dan Plh Bupati Muara Enim Nasrun Umar pose bersama

“Yang mana terdapat sebanyak 11Stadion/Gedung Olahraga baru. GOR tersebar di berbagai Kabupaten/Kota di Sumatra Selatan, ” urainya.

Selain itu pula, PTBA juga turut serta bersama Pemerintah daerah dalam penanganan memerangi wabah pandemi Covid-19. Yang mana selama 2020 kemarin, PTBA tercatat telah mengucurkan donasi lebih dari Rp 25,5 miliar dalam penangan pandemi tersebut.

“Antara lain berupa bantuan alat Polymerase Chain Reaction atau PCR dan renovasi laboratorium rumah sakit dengan total senilai Rp 5,09 miliar. Lalu bantuan alat Kesehatan, bantuan langsung ke masyarakat maupun komunitas, sarana dan prasarana untuk mendukung protokol Kesehatan, sosialisasi pencegahan penyebaran covid-19.

Sementara itu dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru SH MM didampingi Plh Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar SH MM mengucapan terimakasih kepada PTBA beserta seluruh jararan karyawannya telah banyak memberikan kontribusi dalam pembangunan di Provinsi Sumsel khususnya di Kabupaten Muara Enim.

Deru berharap, di momentum perayaan HUT PTBA ke-40 tersebut, PT BA dapat terus bertransformasi menjadi perusahaan kelas dunia yang terus berbakti dan memberikan berkontribusi secara optimal mendorong pertumbuhan ekonomi menjaga ketahanan kemandirian energi Nasional dan dapat terus berkontribusi dalam pembangunan di masyarakat.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan Pemprov Sumsel, saya mengucapkan selamat HUT yang ke-40 kepada PTBA, semoga dengan sinergitas yang telah terjalin bersama PTBA selama ini, dapat terus terjalin dan dapat terus ditingkatkan kembali, dalam mewujudkan kesejateraan nya bersama masyarakat ,” tukasnya. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan