Wujud Tanggung Jawab Sosial, PTBA Bangun Bronjong di Desa Tanjung Agung

Foto : Manajer Humas, Komunikasi dan Administrasi Korporat PTBA, Iko Gusman saat meninjau lokasi Bronjong

MUARA ENIM – Sebagai wujud tanggung jawab sosial kepada masyarakat sekitar perusahaan,  PTBA melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) memberikan bantuan pembangunan bronjong pinggir jalan lingkar aliran sungai Enim di Desa Desa Tanjung Agung Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim.

Total bantuan sebesar Rp386.590.000,- ini  diberikan secara bertahap, mulai dari tahap pertama sampai dengan tahap tiga. Tahap pertama telah diserahkan langsung oleh  Senior Manager CSR PTBA, Zulfikar Azhar  kepada Ketua Panitia Pembangunan Bronjong,  Alkomar sebesar 40 persen  atau senilai Rp154.639.000  di kantor CSR PTBA.

Saat berita ini diturunkan, tahap pertama  proyek ini telah selesai dilaksanakan dengan swadaya dan padat karya. Sedikitnya 35 warga sekitar terlibat langsung dalam pembangunan bronjong  aliran sungai Enim ini.

Ditemui di ruang kerjanya, Rabu (09/09/2020), Kepala Desa Tanjung Agung, Ude Indayadi SH menjelaskan, sebelum adanya bantuan bronjong ini, warga sangat cemas dengan kondisi jalan lingkar penghubung 5 desa Tanjung Agung yang sudah terkikis air dan longsor.

Indayadi menerangkan, akses jalan penghubung ini sangatlah penting untuk menunjang kegiatan dan aktivitas warga sekitar.

“Jalan lingkar ini dulunya longsor. Terlebih jika curah hujan tinggi. Kami sangat mengkhawatirkan bahaya yang setiap saat dapat  mengancam jiwa warga sekitar. Selain itu, terputusnya akses jalan penghubung 5 desa yang berada di seberang sungai menjadi masalah besar bagi perekonomian dan hajat hidup masyarakat,” kata Indayadi.

Pihaknya bersyukur berkat bantuan PTBA, kekhawatiran warga Tanjung Agung ini menjadi  hilang. Karena pembangunan bronjong ini selain menahan abrasi, tempat ini juga dijadikan warga setempat sebagai tempat pemandian umum dan tempat bersantai dengan pemandangan tepian sungai yang indah.

“Kita berharap semoga bantuan ini bisa berkelanjutan sampai tahap akhir,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksanaan Pembangunan, Alkomar menjelaskan saat ini pembangunan Bronjong tahap satu telah rampung.

Alkomar menerangkan, panjang konstruksi 70 meter, sedangkan tingginya mencapai 3 meter dengan volume Bronjong sebesar 140 meter kubik.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur pembangunan tahap 1 sudah telah selesai.  Saat ini kami masih menunggu bantuan tahap 2 yang rencananya akan diberikan oleh CSR PTBA sebesar 50 persen Terakhir  tahap 3 sebesar 10 persen lagi,” terangnya.

Dirinya mewakili masyarakat sangat bersyukur, adanya bantuan ini terutama warga yang berada disekitar aliran sungai ini. Selain mereka dilibatkan dalam pekerjaan mereka juga tidak khawatir lagi adanya bahaya longsor dan terputusnya jalan penghubung antar desa.

“Rencananya nanti tempat ini akan dijadikan plaza mini sebagai tempat bersantai, taman dan kuliner. Semoga PTBA kedepan tetap eksis dan memberikan kontribusi dan terus berbuat untuk masyarakat dan lingkungan di sekitarnya,” harapnya.

Ditanya bagaimana dengan pengawasan penggunaan anggaran, Alkomar menjelaskan bahwa penggunaan anggaran bantuan ini dilakukan secara transparan, diawasi langsung oleh Camat dan Kepala Desa Tanjung Agung.

Terpisah Camat Tanjung yang diwakili oleh Saifudin sekaligus sebagai BPD Desa Tanjung Agung menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada PTBA atas bantuan yang telah diberikan.

Menurutnya, bantuan ini sudah sejak lama ditunggu oleh warga. Saifudin juga mengatakan  tanpa bantuan PTBA pembangunan bronjong  ini belum akan berjalan sesuai harapan.

“Semoga bantuan ini memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat Tanjung Agung dan kami juga berharap tentunya bantuan PTBA ini dapat berkelanjutan hingga proyek ini rampung dan dapat difungsikan serta dinikmati oleh warga,” harapnya.

Sementara itu, Dirut PTBA Arviyan Arifin melalui Manajer Humas, Komunikasi dan Administrasi Korporat, Iko Gusman mengatakan bahwa bantuan ini merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan akan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat disekitar melalui program CSR Bidang Infrastruktur yang bagi warga adalah fasilitas yang sangat vital guna menunjang perekonomian masyarakat.

“Semoga dengan adanya bantuan ini, aktivitas warga disekitar Tanjung Agung dapat berjalan dengan baik dan bronjongnya dapat dijaga sehingga masyarakat merasakan dampak positifnya,” kata Iko. (Sw)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan