Jalan Tembus Semende – Bengkulu Segera Dibangun

Foto : Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH saat menandatangani MoU pembangunan jalan tembus ke Bengkulu

 

MUARA ENIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim segera mewujudkan percepatan dan pemerataan pembangunan, khususnya dikawasan ujung barat Bumi Serasan Sekundang.

Salah satunya dengan membangun jalan tembus Kecamatan Semende Darat Ulu dengan Kecamatan Padang Guci Hulu, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu.

Pembangunan jalan ini disepakati melalui penandatanganan Nota Kesepemahaman Memorandum of Understanding (MoU) dan perjanjian kerjasama antara Pemkab Muara Enim dengan Pemkab Kaur ditanda tangani langsung Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH dengan Bupati Kaur Gusril Pausi S Sos MAP, bertempat di Rumah Dinas Bupati Kaur, Rabu (15/07/2020).

Pada kesempatan itu, Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH menyampaikan bahwa pembukaan jalan baru merupakan salah satu program prioritas pembangunan Pemkab Muara Enim guna memperlancar aksesibilitas transportasi di Kabupaten Muara Enim.

“Dengan akses yang mudah, maka arus barang dan jasa-pun akan berputar cepat dan dinamis, sehingga berujung pada peningkatan perekonomian masyarakat,” terangnya.

Juarsah menjelaskan, dengan adanya jalan tembus ini, nantinya jarak Muara Enim – Kaur hanya sekitar 175 KM, tanpa harus memutar melalui Kota Pagar lam dan Manna lagi dengan jarak tempuh 267 KM

“Adapun titik lokasi rencana jalan tembus ini, berada di Desa Danau Gerak Kecamatan Semende Darat Ulu dengan panjang 14,5 Km menuju perbatasan Provinsi Bengkulu,” ucapnya.

Selanjutnya, lanjut Juarsah, 30,6 KM dari perbatasan Provinsi Bengkulu menuju Desa Bungin Tambun III Kecamatan Padang Guci Hulu, Kabupaten Kaur sehingga total keseluruhan yaitu 45,1 Km.

“Untuk pedanaan pembangunan ini akan dibebankan pada APBD masing-masing daerah. Apalagi jalan ini melintasi hutan lindung Raje Mandare yang memerlukan perizinan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI,” pungkasnya.
.
Sementara itu, Bupati Kaur Gusril Pausi S Sos MAP dalam sambutannya menyatakan keberadaan jalan tembus ini memang sangat didambakan kabupatennya untuk membuka keterisoliran Kaur yang dirasa cukup sulit ditempuh dari kabupaten/kota tetangga di Sumatera Selatan.

“Dengan adanya jalan ini, maka Kaur tak hanya menjadi lebih dekat menjangkau Kabupaten Muara Enim, melainkan juga memperpendek jarak tempuh menuju Kota Pagaralam, Kabupaten Lahat dan akses menuju Kota Palembang,” ucapnya.

Lebih lanjut Bupati Kaur berharap, jalan tembus ini akan menghidupkan Pelabuhan Linau sebagai alternatif distribusi hasil bumi melalui jalur laut, terutama seperti batubara dari Sumatera Selatan. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan