Muara Enim Dinobatkan Penataan Ruang Terbaik 2019

MUARA ENIM – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menganugerahkan piagam dan plakat penghargaan kepada Kabupaten Muaraenim atas keberhasilan meraih peringkat pertama sebagai daerah terbaik dalam penataan ruang tahun 2019 se-Sumatera Selatan.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan H Mawardi Yahya kepada Plt Bupati Muaraenim H Juarsah SH pada Rapat Koordinasi Penataan Ruang Daerah Provinsi Sumsel 2019, bertempat di Hotel Novotel Kota Palembang,  Selasa (26/11/2019).

Pemprov Sumatera Selatan melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBMTR) Provinsi Sumatera Selatan menilai Kabupaten Muaraenim merupakan daerah terdepan dan pelopor dalam penataan ruang dari 17 kabupaten/kota yang ada di Sumatera Selatan.

Kepala Dinas PUBMTR Sumatera Selatan menjelaskan bahwa kriteria penilaian meliputi unsur perencanaan dan kelembagaan. Secara perencanaan, Kabupaten Muaraenim menjadi daerah pertama yang menyelesaikan revisi tata ruang wilayah (RTRW) 2018-2038 dan telah pula disahkan melalui Peraturan Daerah Kabupaten Muaraenim Nomor 13 Tahun 2018.

Saat ini pun Kabupaten Muaraenim sedang melakukan tahapan penyusunan Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) 2019-2038. Gerak cepat dan aksi nyata inilah yang menjadi keunggulan Kabupaten Muaraenim dibanding kabupaten/kota lainnya di Sumatera Selatan.

Secara kelembagaan-pun Kabupaten Muaraenim dinilai sangat baik dengan telah terbentuknya Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) yang tidak semua daerah memilikinya.

Kemudian pula keaktifan, inisiasi dan koordinasi Kabupaten Muaraenim dengan Dinas PUBMTR menjadi nilai tambah sehingga memungkinkan Kabupaten Muaraenim menduduki peringkat pertama dalam penghargaan penataan ruang daerah ini.

Wakil Gubernur Sumatera Selatan H Mawardi Yahya mengapresiasi dan memberikan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Muaraenim atas pencapaian yang diraih sekaligus menghimbau pemerintah daerah lainnya untuk segera melengkapi dokumen tata ruang daerahnya.

“Saya ucapkan selamat kepada Pemkab Muaraenim atas prestasinya. Semoga prestasi ini dapat dipertahankan dan dicontoh oleh Kabupaten dan kota lainnya di Sumsel,” ucap Mawardi. (Kd/ Ws)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan