Gubernur Sumsel Apresiasi Prestasi Pemkab Muara Enim di Usia Ke-73

  • Gelar Perayaan Hari Jadi Kabupaten Muara Enim ke-73 dengan Semarak dan Khidmat 

MUARA ENIM – Berbagai prestasi berhasil diukir Pemerintah Kabupaten Muara Enim diusianya yang ke-73. Kabupaten yang dikenal dengan julukan Bumi Serasan Sekundang ini, memberikan kado terindah di Hari Jadinya yang Ke-73 melalui prestasi yang ditorehkannya.

Adapun prestasi yang paling membanggakan di tahun 2019 diukir Pemkab Muara Enim yakni penurunan angka kemiskinan, penghargaan Peduli HAM dari Kemenkumham RI, Piagam Adipura, MOU Mall Pelayanan Publik dan WTP ke-5 kali di tahun 2019.

Puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Muara Enim Ke-73 sendiri, diawali dari Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Ke-73, dirangkai dengan peringatan Hari Ulang Tahun Korpri Ke-48, Hari Kesehatan Nasional Ke-55, Hari Guru Nasional Ke-26, dan Hari Kesetiakawanan Nasional Ke-61 Tahun 2019. Dimana, Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH didaulat menjadi Inspektur upacara, bertempat di Lapangan Merdeka Muara Enim, Rabu (20/11/2019).

Gubernur Sumsel H Herman Deru saat memberikan suapan nasi tumpeng kepada Plt Bupati Muara Enim dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Muara Enim ke-73

Lalu, dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muara Enim, bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Muara Enim.

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru beserta istri hadir langsung dalam acara Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Muara Enim dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Muara Enim Ke-73, bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Muara Enim.

Hadir juga pada kesempatan itu, anggota DPR RI Wahyu Sanjaya SE beserta istri yang juga anggota DPD RI Eva Hj Susanti, para kepala daerah diantaranya Walikota Pagar Alam, Bupati Empat Lawang, Wakil Bupati Lahat, Wakil Wali kota Lubuklinggau, para Kepala OPD dilingkungan Pemkab Muara Enim, pimpinan BUMN/BUMD dan BUMS di Kabupaten Muara Enim serta tamu undangan lainnya.

Tamu undangan yang hadir

Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam sambutannya mengucapkan selamat Hari Jadi Kabupaten Muara Enim Ke-73. Dirinya mengaku bangga atas berbagai prestasi yang telah diraih oleh Kabupaten Muara Enim, baik tingkat Sumsel maupun nasional.

Salah satu prestasi tersebut, kata Deru, menurunnya angka kemiskinan di Kabupaten Muara Enim. Karena penurunan angka kemiskinan adalah skala prioritas bagi provinsi Sumatera Selatan. Dan meminta prestasi ini bisa ditingkatkan kembali dalam penurunan kemiskinan untuk tahun berikutnya.

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-73 kepada Kabupaten Muara Enim. Mudah-mudahan apa yang kita harapkan dan cita-citakan pada saat ini dapat kita jalankan dengan baik,” harapnya.

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Gubernur Sumsel H Herman Deru beserta istri, anggota DPR RI Wahyu Sanjaya SE beserta istri yang juga anggota DPD RI Hj Eva Susanti dan juga tamu undangan lainnya pada perayaan Hari Jadi Kabupaten Muara Enim Ke-73.

Gubernur Sumsel H Herman Deru didampingi Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH saat melepas peserta Festival Mobil Hias

Sebagaimana diketahui bahwa, dalam RPJM nasional 2015-2019, pemerintah pusat telah menetapkan visi dan misi pembangunan nasional yang dikenal dengan Nawacita. Dalam implementasinya, visi dan misi pembangunan nasional ini, sejalan dengan visi paten Muara Enim yaitu Muara Enim untuk Rakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera.

Juarsah menerangkan, adapun visi dan misi Kabupaten Muara Enim yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang beriman, bertaqwa, cerdas dan mandiri. Lalu, mewujudkan pembinaan anak yatim piatu dan dhuafa.

Serta bantuan langsung kepada keluarga miskin hingga Mandiri, mewujudkan daya saing ekonomi daerah melalui penguatan komoditas dan produk unggulan desa di sektor agribisnis, agro industri dan agroklimat.

Tampak iring-iringan kendaraan hias semarakan HUT Kabupaten Muara Enim ke-73

Selanjutnya, mewujudkan pendidikan dan kesehatan yang mudah dijangkau dan bebas biaya, meningkatkan infrastruktur dan suprastruktur dasar yang berkualitas secara merata dan mendukung terwujudnya jalan tol Muara Enim-Indralaya-Palembang, memanfaatkan potensi SDA untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri dengan memperhatikan pengelolaan tata ruang dan lingkungan.

“Lalu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang profesional, kredibel dan berorientasi pada peningkatan pelayanan publik. Dalam mewujudkan visi Kabupaten Muara Enim, kita senantiasa bersinergi untuk meningkatkan kinerja secara optimal,” terangnya.

Juarsah juga menyampaikan di usianya yang ke-73, Kabupaten Muara Enim telah mengalami kemajuan yang saat pesat. dimana program yang dilaksanakan untuk kesejahteraan masyarakat terus digulirkan.

Salah satunya, kata Juarsah, dimana awal 2017 angka kemiskinan sebesar 13, 19 persen, di tahun 2018 turun menjadi 12, 56 persen. Sementara indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami peningkatan di tahun 2018 sebesar 68, 28 persen.

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH saat menyerahkan penghargaan kepada Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Muara Enim atas suksesnya kegiatan Festival Mobil Hias

“Untuk itu Momentum Hari Jadi Kabupaten Muara Enim ke-73, kiranya akan selalu bersinergi dalam rangka mewujudkan Muara Enim untuk Rakyat yang Agamis, Berdaya, Mandiri, Sehat dan Sejahtera,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan dilapangan, setelah pelaksanaan Rapat Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Muara Enim, Gubernur Sumsel H Herman Deru beserta istri didampingi Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH didampingi istri membuka secara simbolis Festival Mobil Hias.

Adapun rute Festival Mobil Hias dimulai dari Halaman Gedung Olahraga (GOR) Muara Enim. Lalu, finish di depan Kantor Pos Kota Muara Enim.

Pose bersama seusai pelaksanaan upacara peringatan HUT Kabupaten Muara Enim ke-73

Pada malam harinya, tidak kalah meriahnya, Pemkab Muara Enim menggelar hiburan rakyat berupa Malam Penganugerahan Insan Berprestasi 2019 dengan dimeriahkan group band Wali dan Bara Band, bertempat di Halaman Taman Adipura Kota Muara Enim.

Untuk insan berprestasi yang menjadi simbolis penganugerahan antara lain, Almarhum H A Kori Ali (Penghargaan Bidang Kesenian Daerah) dan merupakan pencipta lagu Kebile Bile dan Petang-Petang. Lalu, KH M Dainawi (Tokoh Agama), M Rasid AR (maestro Kabupaten Muara Enim), Jendi panggabean (Atlet Prestasi), Faiz Hafiz (Anak Hafiz Berprestasi).

Dalam acara puncak juga dilaksanakan Penyerahan Perjanjian Kerja Sama antara Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dengan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri tentang Pendampingan Pelaksanaan Aplikasi Sistem Keuangan Daerah pada Kabupaten Muara Enim Tahun 2020, oleh Tim dari Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia kepada Plt Bupati Muara Enim.

Kabupaten Muara Enim terpilih menjadi Salah satu Pilot Project Penerapan Aplikasi Sikeuda Tahun 2020 dari Kementerian Dalam Negeri RI. (Pemkab Muara Enim)

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH saat menyerahkan penghargaan kepada ASN dan dinas instansi Pemkab Muara Enim

Wali Band saat menghibur masyarakat Kabupaten Muara Enim

Plt Bupati Muara Enim saat menyerahkan Hadiah doorpize kepada masyarakat yang beruntung

 

 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan