Pemkab Muara Enim Gelar Festival Inovasi Daerah dengan Semarak dan Meriah

MUARA ENIM – Dalam rangka meningkatkan pelayanan secara optimal kepada masyarakat, serta mendorong tumbuh kembangnya inovasi dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim menggelar Festival Gelar Inovasi Daerah Kabupaten Muara Enim Tahun 2019.

Kegiatan yang merupakan rangkaian Colourful Muara Enim Festival 2019, dan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Muara Enim ke-73. Serta membantu terwujudnya Muara Enim Untuk Rakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera, dibuka langsung oleh Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Muara Enim Ir H Hasunuddin MSi, bertempat di Halaman Gedung Olahraga (GOR) Muara Enim, Senin (18/11/2019).

Pose bersama para pemenang Inovasi Daerah Kabupaten Muara Enim

Kegiatan yang berlangsung semarak dan meriah tersebut, digelar selama dua hari terhitung 18-19 Nopember 2018. Turut hadir pada kesempatan itu, Kepala Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan, serta para kepala Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemkab Muara Enim dan tamu undangan lainnya.

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Muara Enim Ir H Hasunuddin MSi dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan Gelar Inovasi Tahun 2019 ini merupakan penyelenggaraan yang ke-3 sejak ditetapkannya Kabupaten Muara Enim sebagai Pilot Project Reformasi Birokrasi di Indonesia oleh Kemen PAN RB dan sebagai Pilot Project Laboratorium Inovasi Daerah oleh Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

“Inovasi diperlukan disemua sektor kehidupan, baik kelembagaan maupun personal yang membutuhkan percepatan dan pembaharuan yang dilakukan secara efektif dan efisien termasuk di Lembaga Pemerintahan Daerah,” tutur Hasanudin.

Sekda Muara Enim Ir H Hasanudin MSi saat membuka Gelar Inovasi Daerah

Dalam kesempatan ini, terang Hasanudin, bahwa berdasarkan surat Kepala Badan Penelitian dan pengembangan Kementrian Dalam Negeri RI Nomor 002.6/3144/Litbang, bahwa Kabupaten Muara Enim masuk kategori Kabupaten Sangat Inovatif Tahun 2018. Lalu, meraih juara pertama Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2019. Lalu, penghargaan Role Model Pelayanan Terbaik.

“Prestasi-prestasi tersebut membuat kita bangga dan harus dipertahankan agar lebih baik. Serta yang paling penting bahwa inovasi-inovasi tersebut bisa memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat,” ucapnya.

Sekda Muara Enim Ir H Hanasudin MSi saat menyerahkan penghargaan Top 10 Inovasi Daerah

Pemkab Muara Enim, lanjut Hasanudin, memberikan peluang dan kesempatan kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan ASN dan masyarakat untuk mengembangkan ide dan kreatifitas dalam menciptakan inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat.

“Semoga melalui kegiatan ini dapat menguatkan Organisasi Perangkat Daerah, camat, instansi lainnya untuk terus membuat terobosan baru, berupa inovasi pelayanan publik maupun inovasi tata kelola pemerintahan dan inovasi lainnya dalam melaksanakan kebijakan One Agency One Innovation,” pungkasnya.

Sekda Muara Enim Ir H Hasanudin MSi saat meninjau salah satu stand Inovasi Daerah

Berdasarkan pantauan, Festival Gelar Inovasi Daerah Kabupaten Muara Enim Tahun 2019 mengusung tema “Inovasi Untuk Kreatifitas Kerja dan Budaya Inovatif Mendukung Muara Enim yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera”.

Peserta gelar inovasi diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah Kecamatan dalam Kabupaten Muara Enim, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumatera Selatan, Kementerian Pertanian Lapas kelas 2 Muara Enim, Balai Riset dan Standarisasi Industri Palembang.

Lalu, diikuti juga Kementerian Perindustrian BPJS Ketenagakerjaan cabang Muara Enim, PT Bukit Asam Persero Tbk, Sekolah Kharisma Bangsa Tangerang Selatan dan sekolah Semesta Semarang serta beberapa sekolah dalam lingkup Kabupaten Muara Enim.

Penampilan salah satu peserta Inovasi Daerah

Adapun kategori Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Kabupaten Muara Enim tahun 2019 yakni kategori umum dan kategori sekolah, pameran UMKM dan UKM diikuti oleh UMKM dan UKM binaan Dinas Koperasi dan UKM Dinas Perdagangan dan Dinas Pertanian, Tim Penggerak PKK Kabupaten Muara Enim, Dharma Wanita Kabupaten Muara Enim Gelar Pasar Tani yang diikuti oleh kelompok tani binaan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan. (Advertorial Pemkab Muara Enim)

Salah satu stand Gelar Inovasi Daerah 2019

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan