Pemkab Muara Enim Jalin Kerjasama dengan BIG

MUARA ENIM – Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH didampingi beberapa Kepala OPD  lingkup Pemerintah Kabupaten Muara Enim melakukan Penandatanganan Kesepakatan bersama antara  Badan Informasi Geospasial  (BIG) dengan Kementerian/lembaga dan Pemerintah Daerah.

Kerjasama tersebut  berlangsung di Aula Utama Gedung  Serba Guna Badan Informasi Geospasial, Cibinong Bogor Jawa Barat,  Jum’at (08/11/2019).

Kepala Geospasial, Hasanuddin Zainal Abidin dalam acara tersebut menerangkan bahwa, untuk mendukung penyebarluasan Informasi Geospasial (IG) kepada khalayak umum sebagaimana yang di atur didalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial.

Badan Informasi Geospasial (BIG) melakukan kesepakatan bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim bersama 16 kabupaten/kota lainnya serta kementrian/lembaga swasta (Kapolri, BNN dan Universitas Jambi).

Dikatakannya,  untuk mencari informasi mengenai segala hal yang berhubungan dengan geopasial dapat membuka portal web internet yakni geoportal yang terbuka gratis dan bisa didownload.

Penandatangan kesepakatan bersama ini, lanjutnya,  sebagai bentuk keseriusan Pemkab Muarae Enim dalam hal penyelenggaraan pengembangan pemanfaatan data dan informasi geospasial di Kabupaten Muara Enim.

Selain itu, kata dia, jalinan kerjasama  antara BIG dengan Pemkab Muara Enim ini juga untuk menjawab berbagai kebutuhan informasi geospasial yang tentunya nanti dapat dipertanggungjawabkan.

Dari jalinan kerjasama terkait, penyelenggaraan, pemanfaatan data dan informasi geospasial oleh kementerian atau lembaga dan Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim diharapkan perencanaan pembangunan yang baik akan dihasilkan melalui proses penyusunan dan analisis berbasis bukti data dan informasi yang akurat yaitu informasi spasial maupun nonspasial.

Pada kesempatan tersebut,  Plt Bupati Muarae Enim H Juarsah SH  menyampaikan bahwa, sebagaimana perencanaan pembangunan pada saat ini yang telah banyak menggunakan pendekatan holistik, integratif, tematik dan spasial yang merupakan upaya pemerintah untuk mensinergikan berbagai program pembangunan antar sektor dengan menyampaikan aspek kewilayahan yang ada di dalamnya.

Dikatakan Juarsah, Kegiatan ini sangatlah penting dan strategis dalam rangka menyamakan persepsi dan pemahaman kita semua guna mewujudkan keterpaduan dan kepastian hukum dalam informasi geospasial dan juga untuk mendukung program pememintah pusat  yakni satu data Indonesia,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut selain melakukan penandatanganan, Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH  melakukan pertukaran cindramata kepada Kepala Geospasial. (Kl/SW)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan