Kemenkeu RI Beri Penghargaan pada Pemkab Muara Enim Atas Opini WTP 2017

Kemenkeu RI Beri Penghargaan pada Pemkab Muara Enim Atas Opini WTP 2017
Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani didampingi Wabup H Juarsah SH dan Sekda Muara Enim saat menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan RI yang diserahkan oleh KPPN Lahat Ahmad Fauzi

MUARA ENIM — Prestasi gemilang kembali ditorehkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim dengan meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) atas opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2017.

Prestasi opini WTP telah diraih oleh Pemkab Muara Enim secara berturut-turut sebanyak lima kali, sejak tahun anggaran 2013 hingga tahun 2017.

Penghargaan yang diberikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani melalui Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara ( KPPN) Lahat, Ahmad Fauzi kepada Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM didampingi Wabup H Juarsah SH dan Sekretaris Daerah Ir H Hasanuddin, bertempat di Ruang Rapat Serasan 1 Pemkab Muara Enim, Selasa (16/10/2018).

Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani merasa bersyukur atas pencapaian ini. Yani mengaku bangga atas kinerja jajarannya yang telah berupaya keras agar memenuhi kualitas opini WTP.

Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani didampingi Wabup H Juarsah SH saat menerima Kepala KPPN Lahat Ahmad Fauzi

“Syukur Alhamdulillah sejak tahun anggaran 2013 hingga 2017 ini, Kabupaten Muara Enim terus meraih WTP. Mudah-mudahan hasil terbaik ini terus dipertahankan,” tutur Yani.

Penghargaan ini, terang Bupati, merupakan buah dari kerja keras para ASN di jajarannya. Namun, menurutnya, penghargaan itu justru menjadi beban moral agar para jajaran ASN semakin komitmen untuk melakukan pengelolaan keuangan secara tepat dan baik.

“Kita akan berupaya semaksimal mungkin, meningkatkan pelayanan serta menjadikan tata kelola keuangan daerah yang akuntabel dan transparan dalam mewujudkan Muara Enim Untuk Rakyat,” ucap Bupati.

Sementara itu, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani melalui Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara ( KPPN) Lahat, Ahmad Fauzi mengatakan Pemkab Muara Enim patut berbangga, karena laporan Keuangan Tahun 2017 yang disusun dan disajikan mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Republik Indonesia berupa piagam penghargaan atas capaian standar tertinggi dalam pelaporan keuangan daerah Kabupaten Muara Enim.

Predikat WTP yang disandang oleh Pemkab Muara Enim merupakan pernyataan profesional dari Badan Pemeriksa Keuangan, mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria yaitu kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

“Artinya auditor menyakini berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan, pemerintah Kabupaten Muara Enim dianggap telah menyelenggarakan prinsip akutansi yang berlaku umum dengan baik,” terangnya. (Kalbadri/Humas Pemkab Muara Enim)

Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani dalam sambutannya

Pose bersama

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan