PTBA Resmi Serahkan Tugu Belido Kepada Pemkot Palembang

Tugu Belido Bukit Asam

PALEMBANG – Tugu Iwak Belido atau Ikan Belido kini menjadi icon baru bagi Kota Palembang. Kini, warga yang berkunjung ke Kota Pempek tersebut, mulai merasa ada sesuatu yang kurang sebelum berphoto dan berselfie ria di Tugu Belido yang terletak di kawasan Benteng Kuto Besak Palembang.

Tugu Belido sendiri dibangun oleh PT Bukit Asam atau PTBA Tbk melalui dana Coorporate Social Responsibility (CSR). Tugu yang diberi nama Tugu Belido Bukit Asam tersebut secara resmi diserahkan langsung oleh Direktur Utama PTBA, Arviyan Arifin kepada Walikota Palembang, Harnojoyo, bertempat di Pelataran Benteng Kuto Besak Palembang, Minggu (11/02/2018).

Selain itu, dilakukan penandatanganan prasasti oleh Direktur Utama PTBA, Arviyan Arifin dan Walikota Palembang, Harnojoyo sebagai tanda bahwa Tugu Belide Bukit Asam menjadi ikon baru Kota Palembang.

“Kita berharap dengan dibangunnya Tugu Belido Bukit Asam dapay meningkatkan objek wisata Palembang yang sejalan dengan Program Pembangunan Development Musi Riverside Tourism,” tutur Direktur Utama PTBA, Arviyan Arifin melalui Sekretaris Perusahaan PTBA, Suherman.

Dirut PTBA, Arviyan Arivin bersama Walikota Palembang saat menandatangani Prasasti Tugu Belido Bukit Asam

Suherman menerangkan, Tugu Belido Bukit Asam memiliki tinggi sembilan meter dengan panjang patung ikan mencapai 12 meter dan tinggi sekitar enam meter.

Patung ikan yang terbuat dari tembaga dengan tebal 1,2 mm dan dilapisi perak ini memiliki berat mencapai tiga ton. Menghadap ke Sungai Musi, Tugu Belido Bukit Asam dapat mengeluarkan air mancur melalui mulutnya.

“Pembangunan tugu inj dimulai sejak November 2016 lalu. Dan Alhamdulillah pada September 2017 selesai dibangun. Pembangunan Tugu Belido Bukit Asam ini menggunakan dana CSR PTBA sebagai wujud komitmen PTBA untuk ikut serta dalam membangun Palembang,” terangnya.

Ikan Belido sendiri, jelas Suherman, dipilih untuk dijadikan tugu karena ikan ini merupakan fauna asli khas Palembang yang hidup di Sungai Musi dan hampir punah keberadaannya.

“Sementara itu, pemilihan Benteng Kuto Besak sebagai tempat dibangunnya Tugu Belido ini. Karena Benteng Kuto Besak merupakan salah satu pusat keramaian yang diminati oleh masyarakat, wisatawan, serta tempat diselenggarakannya berbagai kegiatan,” jelas Suherman. (Sw)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan