Wabup Minta Bumdes Bisa Jadikan Sampah Bernilai

MUARA ENIM – Wakil Bupati (Wabup) Muara Enim H Nurul Aman SH meminta kepada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang ada pada masing-masing desa se-Kabupaten Muara Enim agar dapat meminimalisir jumlah sampah keluarga agar dapat dijadikan nilai ekonomis sebagai penunjang keluarga.

“Saya minta Bumdes bisa minimalisir sampah di lingkungan masing-masing agar bernilai ekonomis. Jika tidak di carikan solusi penanganannya, maka akan menjadi persoalan baru, sementara tempat pembuangan akhir sampah semakin hari semakin banyak,” tutur H Nurul Aman SH dalam sambutannya saat acara sosialisasi perencanaan program persampahan di kecamatan/ desa berbasis pemberdayaan masyarakat melalui Badan Usaha Milik Usaha (Bumdes), bertempat di Gedung Kesenian Muara Enim, Kamis (29/12/2016).

Untuk itu, ajak Wabup, kepada para pelaku BUMDes yang telah dan belum memanfaatkan sampah dapat mengelolah sampah menjadi sampah yang bernilai.

”Plastik, kertas, kardus, besi sampai sisa sayuran, semuanya dapat dimanfaatkan melalui BUMDes yang ada didesa desa dan kelurahan sehingga bisa bernilai ekonomis agar dapat menjadi nilai tambah dalam mencukupi kebutuhan keluarga sehari-hari.

Sementara itu, Kepala Badan Pembadayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Muara Enim, Drs Emran Tabrani, menyebut jumlah kades yang ikut dalam sosialisasi pemanfaat sampah berjumlah 245 dan ditambah dengan Direktur BUMDes.

“Mereka diberikan pemahaman tentang pengolaan sampah diwilayahnya masing masing, sehingga dapat meminimalisir jumlah sampah yang ada di rumah tangga dan lingkungan. Diharapkan melalui program ini, sampah dari tak bernilai menjadi bernilai serta dapat mendukung program Muara Enim yang Sehat Mandiri Agamis dan Sejahtera( SMAS),” tegasnya. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan