Dewan Minta Ketegasan Komitmen PT SGLPI Dalam Rekrutmen Tenaga Kerja Lokal

MUARA ENIM,Terkait adanya rencana pembangunan PLTU 2×300 MW Sumsel 1 di wilayah Kecamatan Belimbing Muara Enim yang dilakukan oleh PT Shenhua Guohua Lion Power Indonesia (PT SGLPI), Ketua Komisi II DPRD Muara Enim, Saipul Iqbal menyambut baik investasi yang akan dilakukan oleh perusahaan dari negeri Cina tersebut. Namun, harus memiliki komitmen yang jelas terhadap pemberdayaan masyarakat disekitar perusahaan terutama dalam proses rekrutmen tenaga kerja.

“Kita sambut baik, jika perusahaan tersebut ingin berinvestasi dan mendapatkan profit atas usaha tersebut. Namun, kita meminta kepada perusahaan untuk memiliki komitmen yang jelas dalam merekrut tenaga kerja dengan mengutamakan warga di Kabupaten Muara Enim khususnya warga ring satu perusahaan,” tutur Saipul Iqbal saat acara paparan Izin Lokasi Pembangunan PLTU 2×300 MW oleh PT SGLPI, bertempat di Ruang Rapat Bappeda Muara Enim, Rabu (07/09/2016).

Senada dituturkan anggota Komisi 4 DPRD Muara Enim, Subhan mengatakan warga disekitar perusahaan atau ring satu dan dua harus lebih diprioritaskan dalam hal rekrutmen tenaga kerja, baik skill dan non skill. Sehingga tidak terjadi gejolak ditengah-tengah masyarakat terkait proyek tersebut.

“Jika keinginan perusahaan ingin tercapai dan mendapat dukungan dari masyarakat sekitar perusahaan. Maka, harus memiliki komitmen yang jelas dalam memperhatikan dan memberdayakan masyarakat khususnya dalam rekrutmen tenaga kerja,” ucap Subhan.

Sementara itu, Bismo Adi dari perwakilan dari managemen PT SGLPI mengatakan, pihaknya memiliki komitmen yang tinggi dalam memperioritaskan rekrutmen tenaga kerja yang berasal dari lingkungan disekitar perusahaan.

“Dalam tahap pembangunan dan Operasional nanti, kita berkomitmen memperkerjakan tenaga lokal atau tenaga kerja disekitar perusahaan dengan presentase 80 persen tenaga lokal. Oleh karena itu, kita mohon dukungannya agar 2020 mendatang, PT SGLPI bisa beroperasi,” terangnya.

Berdasarkan pantauan, paparan tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar serta dihadiri juga Wabup H Nurul Aman SH, kepala SKPD dan unsur Muspida Kabupaten Muara Enim. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan