Satlantas Polres Muara Enim Siapkan Pos Operasi Ramadhania 2016

MUARA ENIM, Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Muara Enim akan segera mendirikan Pos Pelayanan dan Pos Pantau Operasi Ramadhania 2016 yang sebelumnya dikenal dengan Operasi Ketupat. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk memberikan pengamanan kepada para pemudik saat berlalu lintas mulai dari akhir puasa Ramadhan hingga beberapa hari setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1437 H.

“Pada Operasi Ramadhania 2016 ini, kita menyediakan sebanyak enam Pos Pelayanan dan satu Pos Pantau,” ungkap Kapolres Muara Enim AKBP Hendra Gunawan SIK MSi melalui Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Muara Enim AKP Adik Listyono SIK saat dibincangi wartawan di ruang kerjanya, Senin (20/6/2016).

Adapun enam lokasi untuk Pos Pelayanan, ungkap Adik, yakni di Simpang Belimbing Kecamatan Belimbing, Cinta Kasih Kecamatan Gunung Megang, Kecamatan Gelumbang, Karang Agung Kecamatan Lubai, Jembatan Enim II Kota Muara Enim dan Simpang Meo Kecamatan Tanjung Agung. Sedang Pos Pantau berada di lokasi objek wisata air terjun Bedegung.

“Pos pelayanan dan pos pantau akan didirikan selama 14 hari terhitung dari H-7 dan H+7 hari raya Idul Fitri. Untuk pos pelayanan akan dilengkapi rest area atau tempat istirahat bagi warga yang melakukan mudik. Jadi, pemudik jangan memaksakan diri apabila lelah disarankan istirahat sehingga terhindar dari kecelakaan,” ujar dia.

Adik menambahkan, untuk titik rawan berdasarkan pendataan yang dilakukan ada sekitar 32 titik rawan baik rawan kecelakaan, longsor dan kriminal. Oleh karena, pihaknya berharap warga yang akan melakukan mudik nantinya bisa berhati-hati.

“Kita akan segera melakukan pemasangan rambu-rambu lalu lintas disetiap titik rawan atau semacam baleho dan spanduk pada setiap titik rawan agar masyarakat yang akan mudik dapat berhati-hati,” ucapnya.

Pihaknya, lanjut dia, telah menyiapkan personil melakukan patroli keliling jalur mudik untuk memantau kepadatan arus lalu lintas jalur mudik, terutama di jalur mudik yang terdapat pasar tumpah, yakni pasar kalangan yang ada di Desa Paduraksa Kecamatan Tanjung Agung, pasar kalangan Desa Ujan Mas Baru dan Desa Muara Gula Baru Kecamatan Ujan Mas, kemudian ada juga pasar kalangan di Desa Gunung Megang Kecamatan Gunung Megang, pasar kalangan Cinta Kasih Kecamatan Belimbing, lalu pasar kalangan Niru Kecamatan Rambang Dangku dan pasar kalangan Gelumbang di Kecamatan Gelumbang.

“Ada sekitar 7 titik pasar tumpah yang berada di pinggir jalan lintas jalur mudik di wilayah Kabupaten Muara Enim. Hal inilah yang harus kita lakukan antisipasi, sehingga nantinya para pemudik diharapkan nyaman didalam perjalanan mudik ke daerah masing-masing,” pungkas Kasat Lantas AKP Adik Listyono. (Kalbadri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan