Warga Diajarkan Daur Ulang Limbah Plastik Menjadi BBM

TANJUNG ENIM, Guna meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat dalam pemanfaatan limbah plastik menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM), Pemerintah Kecamatan Lawang Kidul menggelar kegiatan pelatihan Teknologi Tepat Guna (TTG) kepada warga, bertempat di Balai Kecamatan, Kamis (24/3/2016) lalu.

Ada 35 orang perwakilan dari Desa dan Kelurahan yang ada mengikuti pelatihan tersebut dengan menghadirkan nara sumber dari Bank Sampah Barokah (BSB) Tanjung Enim yakni Medi Rafi Andi, H Rid Aprilludin, dan Indrayadin Oktomi.

Dalam kesempatan itu, warga di berikan pelatihan cara mengolah limbah plastik menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) alternatif. Bahan bakar yang telah jadi dapat bermanfaat, minimal digunakan dilingkup keluarga. Sedangkan saat ini, bahan baku limbah plastik sering dijumpai warga di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Camat Lawang Kidul, Drs Rahmat Noviar MSi, didampingi Sekretaris H Safranudin BBA, dan Kasi Pemerintahan Ispahmi mengatakan, kegiatan pelatihan teknologi tepat guna ini dalam rangka mengembangkan inovasi limbah plastik dijadikan bahan bakar minyak yang berguna. Hal ini sangat bermanfaat untuk masyarakat, akan menambah ilmu dan wawasan mereka.

“Tahun lalu pelatihan pupuk organik, tahun ini mengolah limbah plastik dalam rangka pelatihan teknologi tepat guna tingkat kecamatan Lawang Kidul. Kegiatan ini untuk menambah wawasan dan ilmu kepada generasi muda dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM)” ungkap Rahmat.

Sementara itu, Meidi Rafi Andi, nara sumber dalam pelatihan teknologi tepat guna itu mengatakan, limbah plastik merupakan penyumbang terbesar masalah sampah sekarang ini. Limbah tersebut susah untuk diurai dalam tanah, maka dari itu harus ada inovasi untuk mengurangi sampah-sampah plastik yang ada di sekitar.

“Pertama limbah plastik kita bakar hingga suhu 600 derajat, lalu disuling menggunakan alat sederhana, dan penjernihan. Uap hidrokarbon hasil pembakaran inilah yang menjadi minyak yang bisa digunakan untuk bahan bakar,” ungkap Meidi. (03)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan