Jamda Muara Enim Berakhir

20 Peserta Lolos Seleksi Ikut Jamda Propinsi di Oku

TANJUNG AGUNG, Kabupaten Muara Enim sukses menggelar kegiatan Jambore Pemuda Daerah (Jamda) di Bumi Perkemahan Air Terjun Bedegung 22-24 Maret 2016 lalu. Ditutup dengan upacara serta pembagian hadiah para pemenang lomba yang dilaksanakan selama jambore. Hasilnya, 20 pasang pemuda pemudi terpilih untuk dikirim ke jambore pemuda tingkat Provinsi Sumatera Selatan yang akan di gelar di Kabupaten OKU.

Acara penutupan Jambore Pemuda dihadiri Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Febriansyah Nang Ali ST, Sekretaris Dinas Handono SPd MSi, Kabid Pemuda Sahlan SH MSi beserta jajaran, Tripika Tanjung Agung, dan Kepala UPTD Air Terjun Bedegung Juhartono.

“Kegiatan jambore pemuda daerah ini merupakan rutin dilaksanakan setiap tahun. Kali ini diikuti 200 peserta utusan dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Muara Enim,”ungkap Febriansyah Nang Ali ST, didampingi Kabid Pemuda Sahlan SH MSi, (24/03/2016) lalu.

Dikatakannya, jambore pemuda daerah ini merupakan bentuk kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan pemahaman kewarganegaraan. Selanjutnya, mengangkat seni dan budaya lokal sebagai satu kesatuan dan persatuan bangsa. Menciptakan ketrampilan dan melatih kreativitas menuju kemandirian pemuda yang berdaya saing menuju Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Dari kegiatan ini juga diharapkan mampu menjauhkan pemuda dari perilaku negatif. Tetapi mampu meningkatkan produktivitas, inovasi, kreativitas, menuju pemuda yang mandiri dan kreatif. Bisa bersaing menuju masyarakat ekonomi asean,” tuturnya.

Ditambahkan Sekretaris Dinas, Handono SPd MSi mengatakan, selain kegiatan Jambore Pemuda Daerah, Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata pada tahun ini akan menggelar pemilihan bujang gadis serasan. Ia mengharapkan partisipasi dari pemuda dan pemudi dalam mensukseskan kegiatan ini.

“Bulan lima kegiatan pemilihan bujang gadis serasan. Tentu pemuda harus maju menuju pemuda yang profesional dan kemandirian untuk meningkatkan kesejahteraan,”ungkap Handono.

Kegiatan yang dilaksanakan selama jambore tersebut, diantaranya ceramah narkoba, ceramah agama, dan wawasan kebangsaan. Pameran hasil kerajinan masing-masing kecamatan dan lomba pentas seni tari. Berikut hasil kegiatan lomba, lomba pentas seni tari (kec Tanjung Agung, Lawang Kidul, dan Muara Enim), lomba tenda terbaik (Lubay Ulu, Benakat, dan Semende Darat Ulu), lomba kerajinan tangan (Lubay, Lubay Ulu, Ujan Mas), tim terbaik putra (Muara Enim, Gelumbang, dan Lawang Kidu), dan tim terbaik putri (Tanjung Agung, Muara Enim, dan Gunung Megang). (03)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan